--> Skip to main content

Cara Membuat Breakout Rooms di Zoom

 

Tulisan Ndeso, Cara Membuat Breakout Rooms di Zoom - Mengetahui cara membuat Breakout Rooms di Zoom sangatlah penting, khususnya bagi Anda yang merupakan admin untuk aktivitas zoom meeting. Akhir-akhir ini aplikasi zoom memang banyak digunakan untuk kegiatan meeting terkait pekerjaan atau kegiatan sekolah.

Sejak munculnya kebijakan pemerintah terkait pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19, aktivitas kantor dan sekolah/kuliah mulai dilakukan jarak jauh secara online. Untuk bisa melakukannya, pengguna hanya perlu menginstal Zoom.

Tapi terkadang meeting dengan banyak orang dalam aplikasi zoom kurang memadai, khususnya jika orang-orang di dalamnya berbeda departemen meskipun masih satu perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membuat breakout room di Zoom.

Mengapa Perlu Membuat Breakout Room?

Sebelum mulai membahas langkah-langkah membuat Breakout Room di Zoom, penting kiranya untuk membahas alasan mengapa perlu membuat fitur tersebut.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Zoom berfungsi untuk melakukan meeting online dengan banyak orang sekaligus. Oleh karena itu, aktivitas yang melibatkan banyak orang secara langsung seperti KMB (Kegiatan Belajar Mengajar) di kelas, diskusi dan meeting dengan para pekerja kantor, dan lain sebagainya sangat perlu diperhatikan.

Hanya saja, terkadang meeting yang berjalan dirasa kurang efektif karena pertemuan online tersebut melibatkan banyak orang dengan tanggung jawab yang berbeda-beda. Akibatnya, diskusi dan pengaturan yang berjalan kurang efektif.

Namun kendala tersebut sudah teratasi dengan adanya fitur Breakout Rooms di Zoom. Fitur tersebut memudahkan host untuk membuat ruangan terpisah dalam satu ruangan utama Zoom. Nantinya masing-masing ruangan terpisah tersebut diisi dengan orang-orang dalam satu departemen atau pembagian job yang sama. Dengan begitu, meeting bisa berjalan lebih efektif.

Fungsi yang sama juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sekolah atau kuliah. Nantinya guru bisa membuat beberapa room di Zoom yang masing-masing berisikan beberapa orang siswa dengan tugas yang sama.

Detail Cara Membuat Breakout Room di Zoom

Setelah mengetahui alasan utama mengapa perlu memanfaatkan fitur Breakout Rooms, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat Breakout Rooms. Untuk itu, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, tentu saja login ke aplikasi Zoom terlebih dahulu.
  • Setelah itu, aktifkan saja fitur Breakout Rooms. Caranya, klik "My Account" di pojok kanan atas.
  • Pilih "Personal" lalu klik "Settings".
  • Scroll terus ke bawah sampai Anda menemukan "In Meeting (Advanced)".
  • Nantinya akan muncul toggle "Breakout Rooms". Nah geser saja ke kanan untuk mengaktifkan fiturnya.
  • Pilih opsi "Allow host to assign participants to breakout rooms when scheduling". Ini bertujuan agar Anda nantinya bisa memilih dan menyetujui siapa saja dari partisipan yang ingin masuk ke dalam ruang obrolan.
  • Setelah itu, klik "Save" untuk mengakhirinya.

Pengaturan yang disebutkan di atas harus dilakukan agar fitur Breakout Rooms. Setelah itu, Anda tinggal memanfaatkan rooms yang sudah dibuat untuk melakukan meeting. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup buka tampilan utama.

Setelah itu, pilih fitur "Breakout Rooms" di samping kanan ikon "Record". Lanjutkan dengan mengklik ikon "Breakout Rooms" agar bisa melakukan beberapa opsi yang tersedia. Nah, ikuti saja instruksi yang diberikan. Setelah itu, Anda sudah bisa memulai meetingnya.

Oh ya, perlu dicatat bahwa cara membuat Breakout Room di Zoom pada postingan kali ini hanya berlaku untuk aplikasi Zoom via laptop atau PC. Untuk aplikasi Zoom di smartphone belum tersedia. Semoga ke depannya fitur tersebut juga tersedia dalam versi smartphone.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar