--> Skip to main content

3 Aplikasi Penyusun Buku Digital Format EPUB

 


Tulisan Ndeso, Aplikasi Penyusun Buku Digital - Saat ini buku digital banyak digunakan sebagai media belajar, baik dalam dunia akademik atau yang lainnya. Alasannya jelas, menggunakan buku digital lebih praktis dan mudah, karena Anda tidak perlu membawa banyak buku ke sana ke mari.

Bayangkan jika Anda ingin membaca atau mempelajari banyak buku dalam keadaan Anda memiliki mobilitas yang tinggi. Tentu akan kerepotan jika harus membawa semua buku tersebut ke mana-mana bukan?.

Selain itu, buku digital juga lebih awet dan tidak cepat rusak. Anda tidak perlu mengkhawatirkan buku tersebut robek atau terjatuh ketika kotor. Demikian pula Anda tidak perlu mengkhawatirkan bukunya tertinggal dan tercecer. Sebab, buku-buku tersebut semua berada dalam perangkat yang Anda gunakan.

Lantas apa saja aplikasi penyusun buku digital format EPUB yang bisa digunakan? Yuk simak di bawah ini untuk mengetahui apa saja jenis aplikasinya. 

Inilah 3 Aplikasi Penyusun Buku Digital Format EPUB

Kebanyakan buku digital yang digunakan saat ini berformat EPUB. Di sisi lain, agar daftar buku digital yang Anda miliki lebih teratur, sebaiknya Anda menyusunnya. Dengan begitu, buku apapun yang ingin Anda baca mudah ditemukan setelah menyusunnya.

Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan aplikasi penyusun buku digital berformat EPUB yang bisa Anda gunakan :

1. Scribus

Jika selama ini Anda hanya terbiasa menggunakan Microsoft Word, berarti aplikasi penyusun buku digital format EPUB yang satu ini cocok bagi Anda. Alasannya, fitur-fitur editingnya sangat mirip dengan yang ada pada MS Word. 

Oleh karena itu, dijamin Anda tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi yang bernama Scribus ini. Terlebih lagi karena bisa digunakan di platform Windows, Linux, atau yang lainnya, sehingga lebih mudah digunakan di perangkat Anda.

Jangan khawatir kesulitan menggunakannya. Meskipun Anda tidak pernah menggunakan aplikasi semisal ini sekalipun, dijamin tidak akan kebingungan saat menggunakannya. Semua ini disebabkan oleh tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan fitur-fitur yang mudah dipahami.

2. Sigil

Aplikasi penyusun buku digital format EPUB yang satu ini cocok digunakan di berbagai platform, misalnya Windows, Linux, dan Mac. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya terlepas dari sistem operasi apapun yang digunakan oleh perangkat Anda.

Karena tampilan antarmuka aplikasi ini sangat sederhana, menjadikan pemula sekalipun mudah menggunakannya. Terlebih lagi fitur-fitur yang disematkan padanya tergolong lengkap, menjadikan Anda selaku pengguna dapat melakukan pengeditan dan penyusunan koleksi buku digital dengan bebas.

3. Calibre

Jika ingin menggunakan aplikasi penyusun buku digital format EPUB dengan fitur yang lebih lengkap, maka aplikasi yang bernama Calibre ini cocok bagi Anda. Koleksi buku digital Anda jadi lebih teratur dan mudah ditemukan saat ingin dibaca ketika Anda menyusunnya dengan bantuan aplikasi ini.

Selain format PDF, ada beberapa format dokumen lainnya yang bisa dibaca oleh aplikasi ini, di antaranya adalah DOC, TXT, HTML, dan yang lainnya. Oleh karena itu, apapun format buku digital Anda, aplikasi di atas bisa membacanya dengan mudah.

Meskipun fitur-fitur aplikasi ini sangat lengkap, bukan berarti antarmuka yang dimilikinya sulit dipahami. Sebab, salah satu keunggulan aplikasi ini adalah antarmuka yang mudah dipahami meskipun tidak sesederhana aplikasi lainnya karena fitur-fiturnya lebih lengkap.

Itulah 3 daftar aplikasi penyusun buku digital format EPUB yang bisa Anda gunakan saat ini. Meskipun masih ada beberapa aplikasi lainnya, namun aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas sangat kami rekomendasikan karena fitur yang lengkap dan antarmuka yang tidak membingungkan.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar