--> Skip to main content

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Mengatasinya

 

Tulisan Ndeso, Mengatasi Layar HP tidak Responsif - HP layar sentuh semakin tren saat ini. Di samping lebih praktis karena tidak membutuhkan keypad saat mengetik, tampilannya juga lebih elegan dan stylish. Tidak heran jika produsen HP berlomba-lomba merilis HP layar sentuh dengan berbagai spesifikasi dan fitur andalan masing-masing.

‘Tiada gading yang tak retak’. Itu mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kondisi HP layar sentuh yang ada saat ini. Bersamaan dengan canggihnya fitur dan spesifikasi sebuah HP layar sentuh, ternyata tidak sedikit gangguan yang biasa dialami. Salah satunya adalah layar HP tidak bisa disentuh.

Jika layar HP tidak bisa disentuh, tentu tidak akan bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, sebagai pengguna Anda mesti mengetahui apa saja penyebab layar HP tidak bisa disentuh dan bagaimana cara mengatasinya.

3 Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami kondisi di mana layar HP Anda tidak bisa disentuh, maka tidak perlu panik. Di bawah ini saya akan menyebutkan apa saja penyebab masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Layar HP Kotor

Penyebab paling pertama yang mengakibatkan layar HP Anda tidak bisa disentuh karena kotor terkena air, debu, atau minyak. Kondisi ini umumnya terjadi jika Anda sering menggunakan HP di luar rumah. Bagaimanapun potensi untuk debu menempel jika HP sering digunakan di luar rumah sangatlah besar.

Belum lagi jika tanpa sengaja HP terjatuh di tempat yang basah dan lembab. Meskipun air tidak sampai masuk ke dalam mesin dan menyebabkan mati, tapi terkadang tetap memberikan efek berupa layar HP yang tidak bisa disentuh.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu membersihkan layar HP menggunakan cairan pembersih layar ponsel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih dan handwash sebagai ganti cairan pembersih.

Caranya sangat mudah, cukup tuangkan cairan pembersih ke kapas atau kain bersih yang lembut, lalu usapkan ke layar HP secara perlahan dan menyeluruh sampai bersih. Setelah itu, biarkan layar HP kering sendiri.

2. Terjadi Masalah Pada Sistem Operasi

Terkadang penyebab layar HP tidak bisa disentuh karena terjadi masalah pada sistem operasi HP tersebut alias terjadi error. Penyebab error tersebut terkadang karena pemakaian yang sudah lama atau yang lainnya.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, cukup melakukan restart ulang HP Anda. Biasanya gangguan yang dialami langsung selesai setelahnya. Jika layar HP masih bermasalah, coba lakukan factory reset. Tapi sebelum itu, amankan data-data Anda terlebih dahulu, karena cara ini akan menyebabkan semua data-data HP hilang karena settingan HP kembali ke settingan awal pabrik.

3. RAM HP Sudah Penuh

Penyebab lainnya mengapa layar HP tidak bisa disentuh karena RAM sudah penuh. Umumnya gangguan ini disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang berlebihan. Apalagi aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store.

Padahal semakin banyak aplikasi yang digunakan, maka ruang penyimpanan akan semakin penuh. Hal ini mengakibatkan HP hang dan layar HP tidak bisa disentuh.

Untuk mengatasi gangguan ini, cobalah lakukan pembersihan RAM secara rutin dan berkala. Banyak kok aplikasi pembersih RAM yang bisa diunduh gratis saat ini, seperti CCleaner atau yang lainnya. Selain itu, bijaklah dalam menggunakan aplikasi. Jangan asal menggunakan aplikasi hanya karena gratis meskipun kenyataannya tidak terlalu dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar