--> Skip to main content

4 Tips Membeli HP Bekas Agar Anda Tidak Kecewa

 


Tulisan Ndeso, Tips Membeli HP Bekas - Membeli HP bekas tentu tidak sama dengan membeli HP baru. Sebab, membeli HP baru jauh lebih aman karena produknya belum pernah dipakai siapapun. Di samping juga mendapatkan garansi, baik dari pabrik atau toko.

Berbeda dengan HP bekas, produknya sudah pernah dipakai orang lain, sehingga kondisi HP tidak diketahui sama sekali. Bisa saja masih dalam kondisi baik dan layak digunakan, bisa juga tidak. Oleh karena itu, butuh kehati-hatian dan ketelitian ketika ingin membeli HP Bekas.

Keuntungan membeli HP bekas dari segi harga yang terjangkau. Berbeda dengan HP baru yang tentu harganya jauh lebih mahal dari HP bekas untuk merk dan spesifikasi yang sama. Agar Anda tidak kecewa mendapatkan produk yang sudah tidak layak pakai, sebaiknya Anda menerapkan tips membeli HP bekas yang akan disebutkan di bawah ini.

Inilah 4 Tips Membeli HP Bekas yang Penting Diketahui

Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli HP bekas, cobalah menerapkan tips-tips yang akan disebutkan di bawah ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan barang yang sesuai keinginan.

1. Transaksi di Rumah Penjual

Jangan menerima tawaran COD saat membeli HP bekas. Mintalah transaksi dilakukan di rumah penjual. Jika penjual tidak mau, sebaiknya jangan melanjutkan transaksinya. Tujuannya, agar Anda bisa melakukan complain kapanpun, jika ternyata barang yang Anda beli sudah tidak layak digunakan.

Terkadang ada yang terluput dari Anda saat mengeceknya di lokasi tempat transaksi. Jika Anda baru menemukan kekurangan yang tidak bisa ditoleransi setelah tiba di rumah, tentu Anda kesulitan untuk complain jika tidak mengetahui alamat rumahnya.

Meskipun penjual beralasan bahwa dia akan memberikan nomor HP/WA kepada Anda sehingga bisa menghubunginya kapan saja, tapi tidak ada jaminan Anda tidak diblokir setelahnya. Jika ternyata betulan diblokir, apa yang akan Anda lakukan?

2. Survei Harga HP Bekas

Harga jual HP bekas tentu saja berbeda dengan harga jual HP baru. Agar Anda tidak tertipu mendapatkan harga yang terlalu mahal, sebaiknya lakukan survei harga terlebih dahulu. Saat ini mudah kok untuk melakukan survei harga.

Manfaatkan internet untuk melakukan pengecekan harga. Anda bisa mengunjungi website-website yang berjualan HP bekas atau berbagai marketplace yang sudah banyak bermunculan saat ini untuk mengecek harga.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media social semisal Facebook, Whatsapp, dan lainnya untuk melakukan survei harga. Biasanya para pengguna social media memiliki informasi yang lebih lengkap dan akurat.

3. Jangan Terburu-buru Saat Mengecek Kondisi HP

Sebagai calon pembeli, tentu Anda tidak mengetahui kondisi sebenarnya dari HP bekas yang akan Anda beli. Di sisi lain, tidak ada jaminan kejujuran dari pengakuan penjual tentang kondisi HP tersebut. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan sendiri untuk memastikannya.

Sampaikan ke penjual untuk sabar menunggu karena Anda akan melakukan pengecekan yang lumayan lama. Sebab, banyak hal yang harus Anda periksa. Jika penjual tidak mau dan beralasan terburu-buru, sebaiknya batalkan saja transaksinya.

Sebaiknya Anda juga membeli HP bekas ketika waktu lowong. Jangan di masa sibuk, karena Anda bisa terburu-buru ketika melakukan pengecekan. Ujung-ujungnya, banyak kekurangan yang mungkin tidak terdeteksi karena sebab itu.

4. Minta Garansi

Terkadang banyak hal yang luput saat Anda mengecek HP di lokasi transaksi, terutama jika Anda atau penjual dalam keadaan terburu-buru karena ada urusan penting. Jika kondisinya seperti itu, mintalah garansi kepada penjual.

Meskipun Anda hanya mendapatkan garansi 1-2 hari, itu sudah cukup. Sebab, Anda memiliki waktu untuk melakukan pengecekan secara detail dan teliti. Jika memang terdapat kekurangan yang tidak bisa ditoleransi, jangan ragu untuk mengajukan klaim garansi kepada penjual.

Tapi poin keempat ini hanya bisa dilakukan jika Anda mengikuti poin pertama, yaitu melakukan transaksi di rumah penjual. Jika cuma mengandalkan nomor HP/WA penjual, Anda berada dalam resiko tinggi untuk tertipu. Oleh karena itu, perhatikan betul semua poin-poin tips membeli HP bekas yang disebutkan di atas.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar