--> Skip to main content

4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

 


Mengetahui cara mematikan laptop dengan keyboard sangat penting. Sebab, jika suatu saat tombol power mengalami masalah, Anda bisa menggunakan cara tersebut untuk mematikannya. Hanya saja, keyboard laptop Anda harus masih dalam keadaan aktif dan tidak rusak khususnya pada beberapa tombol tertentu yang akan digunakan.

Mematikan laptop menggunakan kombinasi tombol tertentu di keyboard memang jarang digunakan. Sebab, para pengguna pada umumnya lebih suka menggunakan tombol power, karena dirasa lebih cepat dan mudah.

Hal tersebut wajar, karena umumnya pengguna tidak mau melakukan sesuatu yang sulit dan merepotkan. Tapi terkadang pengetahuan tentang cara mematikan laptop dengan keyboard sangat dibutuhkan, khususnya pada kasus di atas.

Detail Ulasan 4 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Pada postingan kali ini saya akan menyebutkan 4 cara mematikan laptop dengan menggunakan keyboard. Anda tinggal menggunakan salah satu cara yang dianggap paling mudah dan sesuai dengan sistem operasi yang berjalan di laptop Anda. Berikut detailnya :

1. CTRL+Alt+Del

Cara paling pertama yang bisa Anda lakukan untuk mematikan laptop menggunakan keyboard adalah dengan menggunakan perpaduan tiga tombol tertentu. Berikut detail caranya :

  • Tekan tombol CTRL+Alt+Del pada Keyboard secara bersamaan.
  • Tunggu sebentar, sistem akan menampilkan pilihan menu.
  • Perhatikan di bagian pojok kanan bawah, di situ terlihat ada opsi shutdown (matikan).
  • Klik saja opsi tersebut.
  • Biarkan proses mematikan laptop berjalan sampai selesai.

2. WIN+U+U

Mematikan laptop Anda menggunakan keyboard dengan cara yang satu ini hanya bisa dilakukan jika sistem operasi yang digunakan di laptop Anda adalah Windows XP. Jika Anda menggunakan sistem operasi yang lain, besar kemungkinan tidak akan berhasil.

Cara ini sangat mudah dan sering sekali saya lakukan ketika laptop masih menggunakan sistem operasi Windows XP. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menekan tombol keyboard bertuliskan WIN+U+U.

Agar prosesnya berhasil, pastikan ketiga tombol di atas ditekan secara bersamaan. Jika ada satu saja tombol yang tidak ditekan secara bersamaan, maka prosesnya tidak akan berhasil sama sekali.

3. Alt + F4

Cara mematikan laptop dengan keyboard lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan perpaduan tombol Alt + F4. Caranya sangat mudah, cukup ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, cari tombol Alt dan F4 terlebih dahulu
  • Setelah itu, tekan saja secara bersamaan kedua tombol tersebut.
  • Tunggu beberapa saat, layar laptop akan menampilkan untuk mematikan laptop.
  • Tinggal tekan tombol enter untuk menyetujui prosesnya.
  • Sistem akan mati berdasarkan perintah yang Anda masukkan.

4. Windows > Shutdown

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mematikan laptop menggunakan keyboard adalah dengan memanfaatkan Tombol Windows. Proses mematikan laptop akan langsung berjalan setelah Anda menekan tombol Windows, lalu memilih menu shutdown yang terdapat pada ikon power.

Agar proses mematikan laptop berjalan lancar, Anda mesti memastikan terlebih dahulu kalau semua program yang berjalan di laptop Anda sudah dimatikan semuanya. Sebab, sistem biasanya akan menampilkan peringatan jika ada sesuatu yang salah.

Jika Anda kebetulan sedang mengetik sesuatu yang penting di MS Word lalu menggunakan perpaduan tombol di atas untuk mematikan laptop tanpa menyimpannya terlebih dahulu, tentu akan muncul peringatan. Jika Anda mengabaikan peringatan yang muncul. Akibatnya, bisa saja Anda kehilangan tulisan yang sudah disusun sedemikian rupa.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mematikan laptop dengan keyboard pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat, khususnya bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi semacam ini.

 

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar