Cara Backup dan Restore File Google Drive

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   10/05/2017 07:03:00 PM
Cara Backup dan Restore File Google Drive - Google Drive adalah alat gratis yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara online real time. Aplikasi web ini memungkinkan anda bekerja dengan berbagai jenis dokumen, seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi dasar, maupun gambar, dan saat anda membuat formulir untuk survei.

Jika Google Drive adalah layanan sinkronisasi file pilihan anda, anda mungkin telah menginstal aplikasi Drive di semua perangkat dan sistem anda. Meskipun data secara otomatis telah dibackup pada Cloud saat Anda menggunakan Drive, anda mungkin juga ingin membuat file cadangan local.

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana membackup dan me-restore File Google Drive menurut tulisanndeso.com:
Gambar Google Drive
Langkah # 1 - Temukan folder Google Drive di sistem anda.
Pertama-tama anda harus menemukan folder Google Drive di komputer anda, karena Google Drive menambahkan folder Drive ke sistem Anda. Folder ini terletak di C: \ Users \ username \ Google Drive secara default, jadi anda akan menemukannya di sana.

Langkah # 2 - Backup folder Google Drive anda secara manual.
Setelah menemukan folder tersebut, Anda dapat menbackup semua isinya ke lokasi atau perangkat penyimpanan lain. Anda bisa melakukannya secara manual dengan hanya memilih semua file dan folder (Ctrl-A saat folder Drive aktif) dan menempelkannya ke lokasi yang berbeda (Ctrl-V sementara folder tujuan yang baru aktif).  Drive secara default, jadi anda bisa menemukannya di sana.

Langkah # 3 - Backup informasi database.
Jika Anda berniat memulihkan file pada saat berikutnya ke Google Drive, anda juga perlu membuat cadangan informasi basis data yang anda temukan di sini C: \ Users \ username \ AppData \ Local \ Google \ Drive sehingga tidak perlu diunduh ke sistem lagi.

Langkah # 4 - Backup Google Drive anda dengan perangkat lunak cadangan.
Opsi cadangan kedua untuk Google Drive anda adalah menggunakan perangkat lunak cadangan. Buka browser anda dan pergi ke "www.aomeitech.com". Ini adalah perangkat lunak gratis yang dapat anda gunakan untuk membuat cadangan file.

Setelah anda berada di halaman web ini klik tombol "Download". Selanjutnya, pilih "AOEMI Backupper" Anda berdasarkan sistem operasi Anda. Kemudian tekan "Download Local", di bawah tombol "Download from CNET", agar penginstal dapat mendownload. Jalankan installer dan ikuti instruksinya.

Langkah # 5 - Buka AOEMI Backupper.
Setelah instalasi selesai buka aplikasi.Pilih tab "Backup" dari menu sebelah kiri. Kemudian pilih "File Backup". Pada "Langkah 1" klik "Add Folder". Di kotak dialog baru klik "Browse" dan cari folder Google Drive anda. Kemudian tekan tombol "Ok". Di "Langkah 2", pilih lokasi lain untuk jalur tujuan. Setelah selesai klik tombol "Start Backup". Setelah selesai, klik "Finish".

Langkah # 6 - Pulihkan Google Drive.
Jika Anda perlu mengembalikan file cadangan agar tidak perlu mengunduh semuanya lagi, anda cukup memindahkan cadangan yang telah Anda buat sebelumnya ke lokasi Google Drive yang asli.

Ingat juga untuk mengembalikan file database sebelum anda menginstal Google Drive kembali. Untuk melakukannya, salin file database yang didukung ke lokasi yang sama: C: \ Users \ Username \ AppData \ Local \ Google \ Drive

Langkah # 7 - Pasang Google Drive.
Setelah selesai, mulailah memasang Google Drive di sistem; pilih "Advanced settings" selama penginstalan, dan pastikan itu menunjuk ke lokasi file Google Drive yang sudah anda miliki di sistem anda. File harus disimpan di lokasi semula.

Selamat! Anda baru saja belajar cara Backup dan Restore File Google Drive. Jika anda ingin melihat langkah demi langkah, silahkan kunjungi video tutorialnya disini : YOUTUBE
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar