--> Skip to main content

Ingin Ganti Smartphone? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Tulisan Ndeso, Pertimbangan Jika Akan Mengganti Smartphone - Smartphone dijaman yang semakin maju ini sudah menjadi trend yang melekat pada masyarakat Indonesia.

Hal ini terlihat dari sebagian besar pengguna handphone adalah pengguna Smartphone, apalagi anak muda atau millenials jaman now, sudah dapat dipastikan menggunakan Smartphone.

Smarphone sendiri adalah handphone yang telah memiliki system operasi khusus seperti iOS, Blackberry, dan Android.

Selain itu, definisi Smartphone menurut Wikipedia Indonesia adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.

Gambar Smartphone

Karena kondisi pasar smartphone yang menjanjikan, muncul banyak sekali produsen-produsen yang memproduksi gadget dalam waktu yang berjarak sangat dekat.

Memang produk-produk baru tersebut sangat menggiurkan, namun apakah kita layak untuk mengganti gadget lama kita

Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika anda akan mengganti gadget lama anda, berikut adalah beberapa diantaranya :

Pertimbangan Jika Akan Mengganti Smartphone


Budget

Hal yang pertama adalah budget, tentu saja jika anda tidak memiliki cukup budget untuk membeli gadget baru, sebaiknya anda mengurungkan niat untuk mengganti gadget.

Elektronik adalah barang yang akan terus merosot nilai jualnya dikemudian hari, oleh sebab itu jangan sampai anda memaksakan diri dengan cara menghutang guna membeli gadget baru.

Lebih baik kita menunggu sampai datangnya saat yang tepat untuk membeli, seperti menunggu harga second atau menanti rejeki takterduga, toh ketika kita membeli gadget keluaran baru hari ini, mungkin beberapa bulan lagi akan keluar lagi gadget baru lainnya.

Jadi jangan sampai ekonomi anda berantakan hanya karena nafsu untuk memilki gadget terbaru.

Kebutuhan

Inilah hal yang benar-benar dirasa sulit untuk kita adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Jika anda sebelumya menggunakan handphone biasa tanpa system operasi (bukan smartphone) dan teman-teman anda semua sudah menggunakan smartphone, maka untuk memperlancar proses komunikasi tidak ada salahnya anda membeli smartphone baru.

Akan tetapi jika sebelumnya anda sudah mempunyai smartphone dan inginn membeli smartphone yang lebih canggih dengan harga yang lebih tinggi tentunya maka tanyakanlah kepada diri anda apakah anda benar-benar membutuhkan fitur dari smartphone itu?

Mungkin anda membutuhkan kamera smartphone yang lebih bagus, tapi bukankah akan lebih baik jika anda membli kamera digital poket atau kamera dslr saja jika anda memang membutuhkan kamera berkualitas tinggi, atau mungkin anda tertarik dengan gadget baru karena layarnya lebih lebar, jika begitu kenapa tidak sekalian membeli tablet?

Atau mungkin kebutuhan tersebut sudah terpenuhi karena anda sudah memiliki sebuah laptop atau notebook.

Kenali Gadget Orang Sekitar Anda

Cari tahu mengenai merk smartphone yang paling banyak digunakan oleh teman kantor anda.

Apa system operasi yang mereka gunakan? Hal ini diperlukan agar anda dapat berkomunikasi dengan mereka lebih mudah mudah dan terdapat keuntungan saat anda lupa membawa charger atau aksesoris lainnya, maka anda dapat meminjam ke teman anda.

Minta Pendapat Orang Sekitar

Pendapat orang sekitar juga penting, tentunya anda tidak mau membeli smartphone yang sering dijelek-jelekan oleh orang sekitar anda.

Misalnya anda memliki seorang adik yang menggunakan android dan anda ingin membeli blackberry, sebaiknya anda urungkan sebelum adik anda menjelek-jelekan smartphone anda karena proses booting yang lama. Misalnya.

Review

Melihat review di internet, media, atau bahkan rekan anda yang sudah paham mengenai gadget sangatlah membantu.

Jika teman anda ada yang telah memiliki smartphone tersebut maka anda dapat meminjamnya terlebih dahulu untuk mengenal lebih jauh smartphone yang akan anda gunakan.

Jika hasil review bagus maka anda boleh langsung pergi ke toko untuk membelinya atau bisa juga memesan secara online.

Memindahkan Data ke Smartphone Baru

Jika anda berpikiran untuk ganti smartphone, anda harus mempersiapkan pemindahan datanya juga.

Banyak data atau aplikasi yang ada di smartphone lama akan menjadi hal penting dalam mempersiapkan smartphone baru, untuk itu anda perlu mencari tahu cara memindahkan aplikasi ke hp baru, cara memindahkan akun dari hp lama ke hp baru, cara memindahkan data aplikasi ke hp lain, cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru, ataupun cara restore data android dari google.

Smartphone Lama Bermasalah

Sepertinya jika pada poin ini terjadi, anda memang seharusnya harus membeli smartphone baru. Bermasalah disini banyak faktornya, diantaranya adalah Smartphone yang Hang sehingga anda harus Hard Reset Smartphone hingga Mengalami Bootloop (baca artikel saya tentang cara mengatasi smartphone bootloop).

Itulah beberapa tips yang saya gunakan ketika saya akan mengganti gadget saya, kurang lebih setiap 2 tahun sekali jika dana memadai, saya akan mengganti gadget agar tidak ketinggalan jaman :D.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar