--> Skip to main content

Tips Liburan ke Bali untuk Pertama Kalinya

Tulisan Ndeso, Tips Berlibur ke Bali untuk Pertama Kali - Tips liburan ke Bali ini ditujukan khusus bagi pemula agar jalan-jalannya menyenangkan.

Kenapa bagi pemula? Karena saya juga baru pertama kali ke Bali dan ini merupakan pengalaman saya sendiri ketika 4 hari 3 malam berlibur ke Bali hehe

Bisa dibilang, tips ini adalah tips hemat atau tips liburan ala Backpacker, karena memang dengan uang seadanya dan pengen sehemat mungkin.

Bali atau pulau Dewata terletak di kepulauan bagian tengah wilayah Indonesia, atau berdasarkan pembagian zona waktu, Bali masuk dalam zona waktu Indonesia Tengah atau yang dikenal dengan WITA.

Bali menawarkan wisata alam nan indah, baik dataran tinggi maupun pantainya, budaya yang kental akan agama leluhur, serta keramahan masyarakatnya yang membuat siapa saja akan betah tinggal disana.

Saking terkenalnya, Bali lebih banyak dikenal orang dibanding tempat wisata lain di Indonesia. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara lebih mengenal Bali dibanding Indonesia.

Apa yang Membuat Bali Terkenal Hingga Mancanegara?

Merujuk laman Bobo.id, pada tahun 1920-an kapal dagang Belanda KPM (Koninklijke Paketcart Maatsckapy) datang ke Indonesia dan singgah di pelabuhan Buleleng Bali dengan membawa rombongan turis dari Eropa.

Awalnya rute pelayaran kapal ini adalah untuk berdagang, tetapi karena banyaknya permintaan untuk singgah di pelabuhan Buleleng, maka jalur pelayaran ini diubah menjadi Bali Express.

Hal ini juga mendorong dibukanya perwakilan resmi urusan pariwisata pertama di Bali bernama "Official Tourist Buerau" pada 1924.

Bali tidak saja kedatangan orang asing sebagai pelancong, namun tak sedikit pula para pemerhati dan penekun budaya yang datang untuk mencatat keunikan seni budaya Bali. Dr Gregor Krause yang ditugaskan langsung oleh Pemerintah Kolonial untuk mendokumentasikan Pulau Bali melalui foto dan buku.

Baca Juga : Berlibur ke Pulau Pahawang - Lampung

Miguel Covarrubias dengan bukunya The Island of Bali tahun 1930. Mrs Menc (Ni Ketut Tantri) dengan bukunya Revolt In Paradise, juga yang paling dikenal adalah Walter Spies, salah satu pencipta Tari Kecak bersama Rudolf Bonnet, I Gusti Nyoman Lempad, Tjokorda Gde Agung Sukawati, Le Mayeur, dan Antonio Blanco.

Beberapa dari mereka menetap dan menganggap Bali sebagai rumah mereka. Tidak mengherankan jika ternyata Bali sudah dikenal oleh wisatawan asing sejak jaman penjajahan Belanda yang terpukau akan budaya yang kental disini.

Gambar Sunset Bali

Tips Liburan ke Bali Bagi Pemula untuk Pertama Kali

Ini adalah pertama kalinya saya berlibur ke Bali, dengan tujuan untuk berlibur dengan teman-teman saya dan saya akan berbagi tips untuk anda yang baru pertama kali akan bepergian ke Bali.

Rencanakan jauh-jauh hari

Keuntungan yang akan anda dapatkan ketika merencanakan liburan jauh hari sebelumnya adalah adanya persiapan yang matang dan keleluasaan memilih pesawat dan penginapan.

Selain itu, anda bisa mendapatkan harga murah untuk pesawat & penginapan, bahkan jika beruntung anda bisa memperoleh promo yang biasanya diberikan kepada wisatawan yang merncanakan jauh-jauh hari liburannya.

Pilih Paket Penerbangan dan Hotel

Memilih paket penerbangan dan hotel akan memudahkan anda dalam perjalanan maupun sesampainya di Bali, selain itu anda akan mendapatkan potongan harga jika menggunakan paket dibandingkan membelinya satu persatu.

Ambil lah penerbangan pertama atau first flight agar anda masih memiliki hari yang panjang di Bali.

Saya menggunakan aplikasi Traveloka untuk membeli paket tersebut, selain prosesnya yang mudah, bisa dicicil dengan Kartu Kredit, membeli tiket penerbangan dan hotel sekaligus dalam satu paket juga akan mendapatkan poin, yang mana jika poin tersebut dikumpulkan, akan mendapatkan reward atau potongan pada transaksi selanjutnya. Untuk lebih detailnya bisa kunjungi laman Traveloka.

Hal ini juga berlaku ketika anda menggunakan Kereta dan penginapan selain hotek untuk berlibur, yang pasti ini akan jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan pesawat dan menginap di hotel saat di Bali.

Sewa Kendaraan

Untuk memudahkan perjalanan anda selama liburan di Bali, menyewa kendaraan menjadi akternatif terbaik agar mobilitas lebih mudah dan tentu saja hemat.

Sewa lah kendaraan selama anda disana, sebaiknya menyewa langsung sesuai dengan lamanya anda di Bali, jangan menyewa perhari untuk menghindari kendaraan tersewa lagi oleh orang lain. Dengan menyewa langsung beberapa hari mungkinkan anda untuk mendapatkan potongan harga sewa dari pemilik rental.

Anda bisa memesannya via online sebelum sampai Bali, agar ketika sampai Bali, anda bisa langsung memakainya tanpa harus mengurusnya dari awal.

Meskipun anda baru pertama kali ke Bali, tidak perlu khawatir untuk tidak tahu jalan. Anda bisa menggunakan Google Maps atau Waze untuk mempermudah navigasi anda menuju tempat hitz di Bali.

Hindari Musim Liburan

Meskipun anda mempersiapkan liburan dari jauh-jauh hari, namun akan percuma jika anda datang ke Bali saat musim liburan. Bali menjadi macet karena akan ada banyak wisatawan berlibur disana.

Ambilah cuti diluar hari liburan agar liburan ada lebih nyaman dan seru bersama teman-teman anda.

Perlu Adanya Anggaran

Anggaran liburan menurut saya adalah suatu hal yang penting. Dengan anggaran ini, anda dapat mengontrol pengeluaran selama anda liburan. Meskipun Bali dipeta tidak terlalu besar, tapi yakinlah, anda liburan seminggu disana tidak akan cukup untuk bisa menikmati keindahan tempat-tempat di Bali.

Baca Juga : Ingin Liburan Murah dan Hemat? Baca Tipsnya Disini

Dengan adanya anggaran, anda bisa merencanakan kembali liburan ke Bali dengan matang. Karena ke Bali adalah untuk liburan, manfaatkan dengan baik setiap waktu yang ada untuk berlibur.

Rencanakan tempat mana yang akan anda kunjungi, lalu anda bisa mengunjungi tempat yang belum terkunjungi pada liburan anda selanjutnya.

Gambar Berlibur bersama Sahabat

Gambar Sunset Bali

Gambar GWK

Gambar Menikmati Sunset



Booking.com



Saya sangat kagum dengan Bali, dan berencana untuk kembali kesana suatu saat nanti, semoga ada Rezeki. Amiin. Selamat berlibur bagi anda yang akan menuju Bali, semoga tulisan sederhana mengenai Tips Liburan ke Bali untuk pertama kalinya dapat bermanfaat untuk pembaca.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar