Inspirasi Peluang Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Oleh:   tulisanndeso tulisanndeso   |   3/09/2018 05:00:00 AM
Jenis-Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha – Selain hewan, tanaman juga banyak dibudidayakan sebagai salah satu komoditas bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena kebutuhan akan produk hasil olahan tanaman memang sangat diminati masyarakat Indonesia. Banyak jenis tanaman yang bisa anda gunakan sebagai komoditas bisnis, tentunya dengan ketelatenan dalam merawatnya, tentu akan menghasilkan prospek yang baik untuk kedepannya.

Selain itu, merawat tanaman untuk dijadikan usaha berbeda dengan merawat tanaman hanya sebatas untuk hobi saja. Anda mesti benar-benar memperhatikan kualitas tanaman anda, dan juga memilih jenis tanaman untuk dijadikan ladang bisnis juga sangat penting untuk dilakukan.

Banyak pertimbangan untuk memilih tanaman yang bagus untuk dijadikan sebagai ladang usaha yait diantaranya melihat dari tingkat kebutuhan masyarakat akan hasil dari produk tanaman anda, dan juga tingkat ketergantungan masyarakat akan produk dari tanaman tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa review jenis-jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan usaha.

1. Jenis Tanaman Pangan


Produk dari tanaman pangan memang banyak dibutuhkan masyarakat Indonesia, sebagai contohnya kebutuhan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia adalah Nasi. Dan nasi sendiri merupakan hasil dari tanaman padi, maka anda bisa memilih menjadikan tanaman pangan menjadi salah satu komiditas usaha anda.

Selain padi, anda juga bisa menanam Gandum, Singkong ataupun jenis tanaman pangan yang lainnya seperti Jagung hingga Umbi-umbian.

Group Facebook Tanaman Pangan Lokal

2. Jenis Tanaman Buah


Selain tanaman yang menyediakan hasil untuk memenuhi kebutuhan pokok, anda juga bisa membudidayakan tanaman buah. Sebaiknya ketika akan memutuskan menanam tanaman buah untuk dijadikan sebagai komoditas bisnis, anda mesti mengetahui dahulu minat pasar dan juga buah apa saja yang sedang banyak disukai oleh para konsumen.

Selain itu, anda bisa menerapkan bisnis jual beli buah dari tanaman yang anda budidayakan dengan skala yang lebih besar lagi. Contoh tanaman buah-buahan yang bisa anda jadikan sebagai lahan usaha adalah seperti manggis, durian, alpukat dll.

Group Facebook Jual Beli Bibit Tanaman Buah

3. Jenis Tanaman Hias


Prospek bisnis yang bagus juga bisa anda coba dapatkan dengan mencoba membudidaya tanaman hias. Tanaman hias sangat digemari oleh para pecinta tanaman, dan juga bagi anda yang ingin terjun ke dunia budidaya tanaman hias, tentu saja anda mesti pintar dan jeli memanfaatkan peluang dengan menjual tanaman hias yang sedang banyak dicari.

Jenis tanaman hias yang sering dibutuhkan dan juga bersifat umum, biasanya jika dijalankan sebagai bisnis, maka usaha tanaman hias anda akan bertahan lama.

Group Facebook Komunitas Pecinta dan Pelestari Tanaman Hias

4. Jenis Tanaman Obat-Obatan


Selanjutnya anda bisa membudidayakan jenis tanaman obat-obatan herbal. Saat ini semakin menjamurnya obat-obatan kimia yang terkadang memiliki efek samping yang berbahaya, menjadikan banyak masyarakat memilih beralih ke pengobatan herbal. Anda bisa membudidayakan berbagai macam tanaman herbal misalnya seperti kunyit, temulawak hingga jahe.

Group Facebook Tanaman Obat Herbal

Bisnis yang Dapat Mendukung Usaha Pertanian


A. Menjual Alat dan Mesin Pertanian


Prospek menjanjikan di Indonesia juga bisa diperoleh dengan menjual alat serta mesin pertanian. Menjadi reseller berbagai produk pertanian seperti alat dan mesin juga bisa dilakukan untuk anda yang memiliki modal kecil. Anda bisa menjualnya secara online di beberapa situs yang sudah terpercaya dan mendapatkan untung yang cukup besar.

B. Menjual Bibit Tanaman


Usaha menjual bibit tanaman memang bukanlah jenis usaha yang mudah dijalankan untuk pemula. Akan tetapi, peluang usaha ini sangat bagus untuk dipelajari karena bisa mendatangkan prospek yang sangat besar. Bibit tanaman ini tidak hanya dibutuhkan dalam sektor pertanian dan perkebunan saya, akan tetapi beberapa orang yang memiliki hobi menanam juga membutuhkan bibit ini untuk ditanam sendiri di rumah.

Untuk proses pemasaran, anda bisa melakukan promosi yang lebih sering dengan cara memasang iklan secara online, selebaran dan berbagai cara penjualan lainnya.

C. Menjual Pupuk Tanaman


Usaha pertanian selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah menjual pupuk tanaman yang sangat laku keras khususnya jika tempat tinggal anda berdekatan dengan area sawah, ladang dan juga perkebunan sebab menjadi bisnis yang menguntungkan di desa.

Ketiga jenis tempat ini sangat membutuhkan pupuk yang sangat banyak dalam proses penanaman usaha mereka. Sementara untuk anda yang tinggal di wilayah perkotaan, maka bisa menjual pupuk ini dalam kemasan plastik yang lebih kecil sekitar 1 kilogram sampai 5 kilogram yang bisa digunakan untuk tanaman hias, sayuran dalam pot kecil dan berbagai kebutuhan lainnya.

D. Membuka Toko Pertanian Online


Membuka toko alat pertanian secara nyata atau fisik membutuhkan modal yang cukup tinggi karena membutuhkan sewa tempat usaha pada lahan yang strategis dengan biaya yang bisa mencapai jutaan Rupiah setiap bulannya. Sedangkan membuka toko alat pertanian secara online tidak membutuhkan biaya sebanyak itu namun tetap menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Pada toko online pertanian tersebut, anda bisa menjual berbagai keperluan seperti pupuk subsidi, perlengkapan pertanian, pupuk vitamin dan nutrisi, alat pertanian, bibit tanaman dan masih banyak lagi yang lain. Sedangkan untuk jangkauan konsumen tidak hanya bisa didapat dari dalam negeri namun bisa meluas mencapai beberapa negara bahkan seluruh dunia.

E. Menjadi Pengepul Padi


Bisnis pertanian pengepul padi sangat mudah untuk dilakukan namun memberikan keuntungan yang menjanjikan. Yang perlu dipersiapkan adalah membeli gabah kering dari petani dimana 1 kilogram padi kering memiliki harga sekitar 5 ribu Rupiah. Sesudah itu, padi kering akan dijual kembali ke pabrik penggilingan padi dalam skala besar atau pada kantor bulog terdekat dengan harga jual yang jauh lebih tinggi dari harga beli pada petani.

F. Ekspor Impor Produk Pertanian


Manfaat ekspor impor produk pertanian tidak hanya memberikan keuntungan yang besar, namun juga membantu para petani untuk memasarkan produk hasil tanam mereka. Perlu anda ketahui jika harga dari produk pertanian di luar negeri sangat tinggi dan mahal dibandingan dengan harga jual di pasar domestik sehingga keuntungan yang bisa anda dapatkan sudah bisa dipastikan sangat besar.

G. Mendirikan Konsultan Bisnis Pertanian


Peluang usaha di bidang pertanian yakni menjadi konsultan bisnis pertanian masih terbilang sangat jarang di Indonesia. Akan tetapi, konsultan ini sebenarnya sangat berguna sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan sebanyak dua kali lipat dari biasanya, cara bertani hingga menghasilkan panen sebanyak tiga kali lipat sampai hasil panen yang didapat juga jauh lebih banyak.

Bagi anda seorang sarjana pertanian yang sudah memahami betul tentang dunia pertanian, menjadi konsultan bisnis pertanian sangat bagus untuk dilakukan yakni dengan membuka lembaga konsultan atau juga bisa penyuluh bisnis pertanian.

Demikian beberapa jenis tanaman yang bisa anda jadikan sebagai sebagai usaha. mempertimbangkan bagaimana kebutuhan pasar, dan juga perawatannya yang baik, bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan suksesnya bisnis tanaman anda. semoga bermanfaat.

Sumber Rujukan : https://goo.gl/qfDFPg
Loading
Love This Article?

Tampilkan Komentar