Skip to main content

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Sampingan Mahasiswa

Tulisan Ndeso, Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa – Tidak menutup kemungkinan seorang mahasiswa bisa memiliki penghasilan sampingan selama menjalani masa perkuliahan.

Tentunya dengan memiliki pendapatan sendiri dari hasil usaha sampingan sebagai mahasiswa, akan meringankan beban biaya kuliah, dan tentunya sudah bisa belajar mandiri untuk bekerja, jadi nanti setelah lulus kuliah sudah biasa bekerja dan tidak kaget menghadapi dunia kerja atau usaha.

Akan tetapi, anda harus bisa pintar membagi waktu antara jam kuliah dan juga jam kerja usaha sampingan anda, agar nantinya kuliah anda juga tidak terbengkalai.Banyak jenis usaha sampingan yang bisa anda jalankan oleh Mahasiswa selama masa perkuliahan.

Memanfaatkan gadget dan juga berbagai akun media sosial, memang dirasa sangat efektif untuk menjalankan usaha sampingan anda, selain itu, anda pun memiliki kemungkinan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan menjalankan usaha sampingan.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha sampingan untuk mahasiswa yang bisa anda coba lakukan.

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

1. Berjualan Pulsa Elektrik

Ini merupakan salah satu cara memanfaatkan peluang yang ada. Karena pastinya setiap orang memiliki handphone dan untuk bisa tetap berkomunikasi sangatlah memerlukan pulsa.

Maka dari itu, anda bisa mencoba berjualan pulsa elektrik. Selain modalnya sedikit dan mudah untuk dijalankan, karena tidak memakan waktu belajar anda, berjualan pulsa elektrik juga bisa dilakukan dimana saja.

Akan tetapi, keuntungan dari berjualan pulsa ini memang tidak terlalu banyak. Namun, jika anda sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak, maka keuntungannya pun bisa menjadi lebih besar, dengan syarat, pembeli atau teman anda tidak berhutang saat membelinya :D.

2. Menjadi Penulis Lepas

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari hasil menulis lepas untuk blog-blog di internet. Caranya anda bisa menawarkan artikel anda di berbagai situs atau forum freelance. Misalnya di Freelance.com atau forum menulis yang sejenisnya.

Selain itu, menjadi penulis lepas, bisa di fleksibelkan dengan waktu luang anda, sehingga nantinya tidak mengganggu jam kuliah anda dan juga untuk menjadi penulis lepas di blogger, anda tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.

Cocok sekali dipilih untuk anda yang ingin usaha sampingan, akan tetapi tidak memiliki modal.

Jika anda memiliki kemampuan dalam menulis, jadilah penulis tamu di blog Tulisan Ndeso.

Saya sedang mencari penulis untuk blog ini, ajukan minat anda melalui kontak atau email ke tulisanndeso@gmail.com dan saya akan membayar dengan harga yang sesuai.

Artikel yang saya perlukan bertema Konten Marketing, Bisnis, Tutorial, Traveling, Tips dan Trik atau konten Viral yang sedang terjadi saat ini, dengan minimal kata dalam satu judul artiel adalah 600 kata.

3. Menjual Jasa Online

Anda bisa menggunakan keahlian anda dan menjualnya via online. Jika anda tidak memiliki cukup keahlian, di internet sudah banyak tutorial maupun belajar banyak hal secara gratis.

Hal ini selain bisa terus mengasah keahlian anda, dengan menjualnya via online, maka anda dapat menjangkau lebih banyak lagi pangsa pasar.

Karena dengan menjual via online, jangkauan pasarnya tidak terbatas. Anda bisa menjual jasa anda dalam membuat logo, artikel, atau hingga desain website.

Tentunya hal ini tidak akan sampai mengganggu perkuliahan anda, sebab bisa dilakukan secara fleksibel mengikuti waktu luang anda.

4. Menjadi Guru Les Private

Anda pun bisa mengaplikasikan ilmu yang anda miliki, sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan, dengan menjadi seorang guru les privat.

Jika anda pandai dalam bahasa inggris anda bisa menjadi guru les bahasa inggris, dan juga masih banyak lagi. Anda hanya perlu menguasai suatu bidang studi maka anda sudah bisa mengajar les private ke murid-murid sekolah dasar.

Jika anda tidak begitu yakin dengan kemampuan anda, jadilah guru privat untuk tingkat SD atau SMP, yang mana tingkatan tersebut masih mempelajari hal dasar.

Namun, anda perlu sedikit bersabar jika mengajarkan sesuatu ke anak kecil, karena bisa saja mereka rewel saat anda ajarkan privat.

5. Mengikuti Proyek Dosen

Jika anda baru pertama kali mendengar ini, memang tidak banyak mahasiswa yang tahu dengan hal ini. Dosen biasanya tidak hanya mengajar pada satu kampus atau bekerjasama dengan pihak yang berada di luar kampus, sehingga tidak jarang mereka kualahan dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Biasanya dosen akan mengajak mahasiswanya untuk membantu dalam pengerjaan proyek tersebut.

Penawaran dosen hanya akan terjadi jika dosen yang bersangkutan mengenal anda dengan baik. Kedekatan dengan dosen diperlukan disini, maka jika anda tidak dekat dengan dosen di kampus, jangan berharap mendapatkan tawaran ini.

Jangankan tawaran proyek, mengenal anda saja tidak, apa mungkin tawaran itu akan diberikan kepada anda?

6. Membantu Mengerjakan Skripsi

Skripsi memang dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir, namun tidak jarang para mahasiswa tingkat akhir tersebut lupa dengan mata kuliah yang ia dapatkan di semester awal.

Anda bisa menawarkan kepada mahasiswa yang sedang skripsi tersebut untuk dapat membantu analisa ataupun membuat skripsi dengan arahannya atau anda dapat mencari rekomendasi di perpustakaan.

Perlu kedekatan khusus antara anda dengan mahasiswa tingkat akhir tersebut agar anda dapat dengan mudah mendapatkan "uang" darinya.

7. Menjual Makanan atau Minuman di Kampus

Anda tidak perlu menjadi orang yang handal dalam memasak untuk dapat menggeluti usaha ini. Cukup cari makanan atau minuman ringan yang rasanya enak dan murah, lalu jual makanan atau minuman tersebut di lingkungan kampus anda.

Anda bisa menitipkannya ke Kantin kampus atau dengan menawarkannya kepada teman anda secara langsung.

Demikian beberapa peluang usaha sampingan yang bisa anda kerjakan semasa masih duduk di bangku perkuliahan. Jadi dengan pandai memanfaatkan peluang, serta keahlian yang anda miliki, maka anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Mahasiswa yang hanya Kuliah saja sudah banyak, tapi Mahasiswa yang memanfaatkan waktu luangnya untuk Bisnis adalah Keren.

Tag : Peluang Bisnis Mahasiswa, Bisnis untuk Mahasiswa, Bisnis Mahasiswa Terbaru, Usaha untuk Mahasiswa, Bisnis, Mahasiswa
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar