Skip to main content

Pengertian Nomor Resi Pengiriman dan Cara Ceknya

Tulisan Ndeso, Pengertian Nomor Resi Pengiriman dan Cara Ceknya. Memasuki era digital seperti sekarang ini, banyak sekali hal yang awalnya susah atau bahkan tidak mungkin, menjadi mudah dan menjadi mungkin. Kemajuan teknologi yang membuat semuanya menjadi semudah saat ini, seperti semua bisa dikerjakan hanya dalam genggaman tangan.

Kehadiran Online Shop adalah berkat adanya perubahan teknologi ke arah yang lebih baik. Online Shop membantu siapa saja untuk dapat merasakan berbelanja tanpa harus menuju tempat penjual, dan penjual pun tidak harus mengantarkan langsung barang jualannya menuju ke pembeli, ada jasa pengirimaan yang digunakan untuk menyampaikan barang dari penjual menuju pembeli.


Jasa pengiriman tersebut juga beragam, bagi sebagian kota besar, pembeli dapat menerima barang yang diinginkannya dalam hari yang sama atau bahkan dalam hitungan menit menggunakan jasa dari Gojek, Grab, atau sejenisnya. Namun, untuk mereka yang terlampau jauh, harus menggunakan Jasa Ekspedisi pengiriman seperti JNE ,TIKI , J&T dan sejenisnya.

Adanya jasa Ekspedisi jarak jauh tersebut biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, bisa berhari-hari dan tergantung dari lokasi serta jarak antara penjual dan pembeli. Pembeli pun dapat melacak barang yang ada di Ekspedisi pengiriman tersebut melalui Nomor Resi.

Pengertian Nomor Resi


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Resi adalah tanda terima secara tertulis, artinya apapun itu yang berupa tanda terima tertulis adalah resi, termasuk resi kiriman. Sebagai contoh saat kita membuat KTP, setelah proses pemotretan selesai, kita akan diberikan tanda terima, dan tanda terima tersebut yang akan kita gunakan untuk mengambil KTP kita setelah selesai, tanda terima itu juga disebut resi.

Fungsi Nomor Resi


Sederhananya, ketika kita hendak mengirimkan barang melalui Ekspedisi pengiriman, kita akan mendapatkan Nomor Resi yang bisa kita gunakan untuk melacak barang yang dikirim, dari mulai tempat awal barang itu dikirim, hingga sampai di tangan kita. Jadi, setelah kita bertransaksi secara Online atau belanja di Online Shop, mintalah bukti pengiriman berupa Nomor Resi agar anda dapat melacak sudah sampai mana barang yang anda beli.

Dari uraian diatas, dapat disumpulkan bahwa Fungsi Nomor Resi adalah :

Sebagai Bukti bahwa barang sudah dikirim oleh Penjual melalui Ekspedisi Pengiriman
Sebagai bukti untuk komplain ke pihak Ekspedisi Pengiriman apabila barang kiriman anda tidak kunjung sampai, rusak, tertukar, bahkan hilang dalam proses pengiriman.
Mengambil barang kiriman kita dari ekspedisi, sering terjadi Jasa Ekspedisi Pengiriman tidak mengirimkan ke alamat Anda

Simpanlah selalu nomor resi dari Jasa Ekspedisi Pengiriman sebelum pesanan Anda benar-benar sampai ketangan anda dan isi kiriman tersebut benar-benar barang yang sesuai dengan yang anda beli.

Cara Cek Nomor Resi Pengiriman

Kunjungi situs resmi ekspedisi pengiriman yang digunakan oleh penjual online untuk mengirim barang anda, seperti JNE, TIKI, J&T, POS Indonesia, atau pada page Cek Nomor Resi Ekspedisi Pengiriman pada blog ini.

Kemudian masukkan Nomor Resi anda, maka anda akan mendapatkan keterangan Informasi mengenai Paket anda.

Terdapat beberapa Istilah yang akan muncul dari Jasa Ekspedisi Pengiriman, diantaranya :

Shipment Data Entry :
Data pengiriman paket telah dimasukkan dalam database, ini akan otomatis terjadi saat pengirim telah memilih jenis layanan pengiriman dan membayarnya.

Arrive :
Bahwa barang yang dikirim sudah dijemput keluar oleh mobil pengiriman. Bisa juga diartikan bahwa barang Anda sudah keluar dari loket tempat pengiriman pertama.

Departed to :
Paket tersebut telah berangkat dari agen TIKI kota asal pengiriman.

Packing List :
Barang anda telah dikemas dan dimasukkan dalam daftar pengiriman bersamaan dengan paket – paket lain.

Transit :
Paket anda sedang melakukan transit pada fasilitas agen atau kantor Ekspedisi di kota lain.

Arrived :
Sekarang paket anda sudah tiba di kota tujuan.

With Delivery Courier :
Barang yang anda tunggu sudah dibawa oleh kurir dan akan diantarkan ke alamat penerima yang tercantum.

Success / RECEIVED BY :
Barang telah sampai, dan proses pengiriman telah selesai. Saat barang telah selesai dikirmkan dalam kolom remark akan tertera nama penerima

Exception :
Ada pergantian kurir pengiriman. Pergantian tersebut disebabkan oleh suatu hal di dalam manajemen pengiriman barang di Ekspedisi.

Failed :
Status pengirman barang tersebut gagal. Adapun gagalnya atau failed dengan berbagai alasan. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi pihak Ekspedisi Pengiriman terkait.

Semoga artikel mengenai Pengertian Nomor Resi Pengiriman dan Cara Ceknya dapat bermanfaat untuk pembacanya. Terima Kasih sudah menyempatkan untuk membaca :).

Tag : resi adalah, apa itu resi, pengertian resi, arti resi, nomor resi adalah, apa itu nomor resi, nomor resi, apa itu no resi, no resi adalah, no resi
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar