--> Skip to main content

Spesifikasi Lengkap Smartphone Layar Lipat Samsung Galaxy Fold

Tulisan Ndeso, Samsung Resmi Rilis Smartphone Layar Lipat, Samsung Galaxy Fold - Setelah ditunggu bertahun-tahun, Samsung Electronic Co Ltd secara resmi memperkenalkan Samsung Galaxy Fold, smartphone layar lipatnya di acara Samsung Galaxy UNPACKED di San Francisco, AS.

Di Amerika Serikat, perangkat ini akan tersedia dengan harga mulai 1.980 dolar AS atau sekitar Rp27 juta (kurs Rp14.055). Samsung juga akan memasarkan ke Eropa dengan harga mulai 2.000 euro atau sekitar Rp31 juta (kurs Rp15.933).

Apakah Bakal Dijual Di Indonesia? Denny Galant, Head of Product Marketing Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk ikut memasarkan Galaxy Fold di Indonesia.

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold

"Kita berharap mudah-mudahan bisa segera merealisasikan itu (Galaxy Fold) ke Indonesia. Tapi waktunya kapan terus terang kita belum tahu," ujar Denny Ketika ditanya apakah ada kemungkinan Galaxy Fold akan masuk tahun ini ke Indonesia, Denny pun tidak bisa memastikan.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Fold

Layar

Galaxy Fold memiliki dua ukuran layar, yakni panel utama 7,3 inci QXGA+ tipe Dynamic AMOLED dengan resolusi 1536 x 2152 (aspek rasio 4,2:3) saat dibuka (tablet) dan panel cover (panel di bagian luar) 4,6 inci dengan resolusi 840x1960 + tipe Super AMOLED rasio 21:9 saat ditutup (ponsel).

Di sisi atas layar bagian kanan sebuah notch atau poni yang memanjang sebagai tempat kamera ganda dan sensor depan.

Layar Galaxy Fold menggunakan teknologi Infinity Flex Display yang diperkenalkan di SDC 2018 atau Samsung Developer Conference pada November 2018 lalu. Dengan teknologi ini, memungkinkan kita berulang kali membuka dan menutup perangkat tanpa degradasi layar.

Samsung pun mengklaim kalau engsel yang ada di bawah layar fleksibelnya sudah secara spesifik didesan dengan melewati ribuan kali uji coba buka tutup tanpa rusak. Engselnya terdiri dari banyak teknologi rumit, yang dijanjikan Samsung akan menghasilkan rasa klik yang menyenangkan ketika gadget dilipat.

Prosesor

Dapur Pacu dan Kamera Galaxy Fold dibangun prosesor berkonsep octa-core 7nm Snapdragon 855 dan ditopang RAM 12GB. Smartphone ini tidak memiliki slot microSD tapi hadir dengan memori internal 512GB.

Baterai

Dalam perangkatnya, terdapat dua buah baterai karena kondisi bodi yang terpisah. Namun dua baterai ini akan diperlakukan jadi sebuah baterai yang kapasitas totalnya adalah 4.380mAh. Terdapat pula teknologi fast charging yang kompatibel dengan atau tanpa kabel (Nirkabel).

Kamera

Untuk kamera, Galaxy Fold mengusung 6 kamera, yakni tiga kamera utama dan dua kamera di depan, serta satu kamera di covernya. Adapun spesifikasi kamera terdiri dari tiga kamera utama ultra wide 16MP dengan aperture F2.2, lensa wide 12MP dual aperture F1.5 dan F2.4 dan dilengkapi OIS, serta kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS.

Satu kamera di cover memiliki lensa 10MP dengan aperture F2.2. User Interface Samsung menggunakan laman antarmuka terbarunya, yakni One UI yang ketika diterapkan di Galaxy Fold membawa fitur unik dan menyokong fungsi perangkatnya sebagai teknologi lipat.

Terdapat kontinuitas aplikasi ketika terbuka dan tertutup. Jadi jika Anda sedang mengamati Google Maps ketika perangkat tertutup, lalu ketika Anda membuka perangkat Anda akan mendapatkan gambar lebih besar di tampilan yang sebelumnya Anda buka di lauar lebih kecil.

Juga berkat layarnya yang luas saat berposisi sebagai tablet, Samsung Galaxy Fold mengusung fitur three app multitasking di mana pengguna bisa mengoperasikan tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Aplikasi utama terbuka besar di bagian kiri, dan ada dua jendela kecil di bagian kanan terbagi atas bawah.

Fitur Lain

Fitur- Fitur Lain Galaxy Fold memiliki sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Untuk speaker menggunakan teknologi AKG sound dari Dolby Atmos. Galaxy fold juga mempunyai fitur app continuity yang memuluskan antarmuka dari mode smartphone ke mode tablet.

Sebagai contoh, tampilan aplikasi Google Maps pada layar Fold yang tengah terlipat akan membesar saat gawai tersebut dibuka, diikuti dengan jeda sekitar satu detik. Aplikasi seperti WhatsApp, Microsoft Office, dan YouTube semuanya telah dioptimalkan untuk tampilan dan mode baru.

Galaxy Fold sendiri menjalankan OS Android 9 Pie serta opsional dukungan 5G, selain itu Galaxy Fold ini memiliki kemampuan pengecasan nirkabel dan menjadi powerbank nirkabel.

Dengan harga mahal ini pasti hanya kalangan tertentu saja yang mungkin memilikinya. Apakah anda rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli sebuah Smartphone?
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar