Kesalahan Orang Tua Mendidik Anak Yang Membuatnya Menyesal


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, 10 Kesalahan Orang Tua Mendidik Anak Yang Akhirnya Membuat Mereka Menyesal - Semua orang tua ingin anak-anak mereka memiliki kehidupan terbaik.

Banyak dari mereka bekerja untuk dapat membeli mainan baru untuk mereka, yang lain ketat karena mereka ingin anak-anak mereka disiplin dan berorientasi pada tujuan, yang lain memberi anak-anak mereka pilihan dan mengajar mereka untuk membuat keputusan sendiri.

Setiap keluarga memiliki cara pengasuhannya sendiri, tetapi ada satu hal yang dimiliki oleh semua orang tua: ketika mereka melihat ke belakang, mereka semua ingin memperbaiki beberapa kesalahan yang mereka buat di masa lalu.

Penelitian yang dilakukan oleh Bright Side menyatakan bahwa tahun-tahun pertama kehidupan seorang anak adalah waktu ajaib yang harus Anda nikmati.

Karena di masa depan, Anda mungkin menyesali beberapa peluang yang hilang. Jadi, lihatlah hal-hal yang banyak orang tua sesalkan untuk menghindari mengulangi kesalahan yang sama.

Kesalahan Orang Tua Mendidik Anak Yang Membuatnya Menyesal

Tidak Menjalin Komunikasi Yang Baik Dengan Anak

Source : Brightside

Seorang anak kecil yang dengan cepat tumbuh dari bayi menjadi orang yang cukup mandiri benar-benar membutuhkan kontak yang konstan dengan orang dewasa. Tapi sebenarnya, orang tua juga butuh komunikasi ini.

Ya, ada lebih sedikit waktu luang dan tidak apa-apa jika seorang ibu melakukan sesuatu saat anaknya bermain-main. Tetapi jika Anda mengubah ini menjadi kebiasaan, pada titik tertentu, Anda mungkin memperhatikan bahwa anak Anda telah tumbuh dewasa dan menjalani kehidupan mereka sendiri.

Tidak ada cara untuk mengembalikan waktu Anda yang hilang, jadi cobalah untuk tidak hanya dekat secara fisik dengan anak Anda, tetapi juga dekat secara mental dengan mereka. Nikmati waktu yang Anda habiskan bersama.

Orang Tua Jarang Memeluk Anak

Source : Brightside

Para ilmuwan telah membuktikan pentingnya pelukan bagi kesehatan (untuk kesehatan moral dan fisik). Ada banyak keuntungan yang jelas, tetapi Anda mungkin akan setuju bahwa memeluk bayi Anda sendiri sangat menyenangkan.

Kadang-kadang, orang tua tidak melakukan ini karena alasan yang berbeda dan kebanyakan dari mereka keliru atau ketinggalan zaman (seperti dengan nasihat yang memberi tahu para ibu, "jangan tahan terlalu lama, mereka akan terbiasa dengan itu ...").

Seiring waktu, anak akan tumbuh dan tidak akan membiarkan Anda memeluk mereka. Jadi nikmati saat-saat ini selagi bisa.

Jarang Mengabadikan Momen (Foto/Video)

Source : Brightside

Tentu saja, tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika Anda tidak mengambil foto atau video. Itu tidak akan berdampak pada kondisi mental anak, kualitas moral mereka, atau kesehatan fisik mereka.

Tetapi sangat mungkin bahwa di masa depan, Anda akan ingin mengingat beberapa momen paling berharga dalam hidup Anda dan membagikan emosi ini dengan anak-anak dewasa Anda. Banyak orangtua benar-benar menyesal tidak menggunakan kamera lebih dari yang seharusnya.

Anda tidak akan pernah menonton rekaman acara kembang api tetapi Anda pasti ingin melihat (lebih dari sekali) langkah pertama yang dilakukan bayi Anda. Dan album foto (walaupun memiliki semua perangkat dan teknologi yang kita miliki saat ini) masih merupakan cara terbaik dan paling dapat diandalkan untuk menyimpan foto-foto penting.

Tidak Menuliskan Kata Pertama Yang Bisa Anak Anda Ucapkan

Source : Brightside

Tidak sepenuhnya salah juga jika anda tidak melakukannya, karena ini hanya kenangan indah. Anda dapat dengan mudah hidup tanpa hal tersebut, tetapi jauh lebih baik memilikinya.

Anak Jarang Memainkan Permainan Kreatif

Source : Brightside

Kami tidak mengatakan bahwa jika Anda bermain game kreatif dengan anak Anda, mereka pasti akan menjadi artis atau musisi hebat. Tapi ada kemungkinan.

Pertama, jika Anda melibatkan anak Anda dalam banyak kegiatan berbeda, Anda bisa mengetahui minat mereka dan apa yang mereka kuasai. Kelak Anda bisa mengembangkan kekuatan mereka.

Kedua, segala jenis kegiatan, misalnya, membacakan dengan keras kepada mereka atau bermain dengan mainan dan mainan dengan mereka mengembangkan kecerdasan, imajinasi, dan meningkatkan kosa kata mereka.

Akhirnya, Anda membuat hubungan antara Anda dan anak Anda semakin kuat, dan ini saja merupakan alasan yang cukup baik untuk melakukan sesuatu bersama.

Orang tua yang berpengalaman sering menyesal tidak memerhatikan bakat anak-anak mereka, meskipun beberapa kemampuan dapat diperhatikan pada usia yang sangat muda. Tawarkan anak Anda kesempatan untuk mencoba berbagai permainan dan membaca sebanyak mungkin.

Orang Tua Terlalu Ketat/Posesif Dalam Menjaga

Source : Brightside

Adalah satu hal untuk memberi tahu seseorang tentang hal buruk yang telah mereka lakukan dan sama sekali berbeda untuk mulai melakukan nitpicking. Ada mitos populer bahwa semakin tinggi harapannya, semakin sukses orang tersebut.

Namun pada kenyataannya, Anda sebenarnya bisa mendapatkan efek sebaliknya: masalah perilaku dan bahkan masalah perkembangan. Dan, tentu saja, salah satu kelemahannya adalah hubungan yang buruk dengan anak-anak Anda.

Hukuman untuk nilai buruk juga berbahaya - mereka hanya dapat menurunkan keberhasilan mereka secara keseluruhan di sekolah. Menghukum dan menghadiahi anak-anak Anda hanya untuk hal-hal yang benar-benar penting. Cangkir yang pecah tidak pernah membuat orang tidak bahagia.

Tidak Memperdulikan Pendapat Anak

Source : Brightside

Ada sesuatu tentang berapa kali Anda pernah mendengar frasa seperti, "Anda terlalu muda untuk memutuskan," atau "Orang dewasa lebih tahu," dan fakta bahwa tidak enak mendengar sesuatu seperti ini.

Tetapi menyinggung anak Anda bukanlah hal terburuk yang terjadi dalam kasus ini. Anak-anak yang pendapatnya sering diabaikan mungkin tumbuh menjadi tidak aman.

Ini benar-benar masuk akal: bagaimana Anda bisa tahu apa yang Anda inginkan dari kehidupan jika selalu ada seseorang yang membuat semua keputusan untuk Anda?

Biarkan anak Anda memilih dan mengekspresikan pendapat mereka sendiri. Lebih baik mendiskusikan keinginan mereka dan menjelaskan banyak hal, daripada mengabaikan dan membatasi mereka.

Orang Tua Tidak Cukup Membuat Anaknya Bahagia

Source : Brightside

Kenangan indah dari masa kecil kita adalah hal paling berharga yang tidak bisa diambil siapa pun dari kita.

Lebih dari itu, liburan kecil dapat berubah menjadi prestasi yang lebih besar nanti: jika seorang anak tumbuh dalam suasana yang sehat dan memiliki banyak pengalaman baru, itu berarti mereka sedang berkembang secara aktif.

Anak-anak yang bahagia merasa lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan dewasa dan memulai hubungan baru.

Orang tua juga sering bernostalgia tentang waktu yang mereka habiskan bersama. Jadi, nikmati dan pikirkan bagaimana membuat hidup Anda lebih menarik. Pastikan anak Anda memiliki saat-saat bahagia sebanyak mungkin dalam hidup mereka.

Orang Tua Lebih Mengikuti Saran Orang Lain

Source : Brightside

Ada orang yang suka memberi nasihat, bahkan jika itu tidak pantas dan ibu muda sering mendengarkan mereka. Ketika Anda melihat "para ahli" ini, Anda akan mendengar banyak informasi tentang cara berpakaian, memberi makan, dan mendidik anak Anda dengan lebih baik.

Tetapi kenyataannya adalah, Anda adalah orang tua dan Anda tahu lebih baik dari orang lain apa yang baik untuk anak Anda dan apa yang tidak. Tentu saja, Anda dapat mendengarkan saran ini, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengikuti mereka.

Dan satu hal lagi, jangan biarkan orang asing memberi tahu anak Anda karena nakal. Anda harus selalu memihak anak Anda dan membuat mereka merasa seperti Anda mendukung mereka, apa pun yang terjadi. Ketika mereka membutuhkan dukungan, mereka harus selalu dapat mengandalkan Anda.

Orang Tua Tidak Mendampingi Anak Disaat Membutuhkan

Source : Brightside

Beberapa hal yang tampaknya tidak serius bagi kita, mungkin sangat serius bagi anak-anak kita. Dan semua orang (terutama anak-anak) perlu memiliki seseorang yang dekat dengan mereka pada saat-saat seperti ini.

Meskipun sepertinya Anda punya alasan kuat untuk melewatkan pesta ulang tahun anak Anda, cobalah untuk tidak melakukannya. Di masa depan, Anda akan menyesal ketika menyadari betapa banyak peristiwa penting yang Anda lewatkan.

Pilih waktu untuk menghias pohon Natal, pergi ke teater, atau kunjungi nenek Anda bersama. Semua hal ini penting. Dan ketika anak-anak tumbuh, Anda akan kehilangan momen-momen ini.

Semoga tips parenting mengenai Kesalahan Orang Tua Mendidik Anak Yang Membuatnya Menyesal dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Cari Artikel Lainnya Di Sini


Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)