18 Cara Memahami Arti Tangisan dan Gestur Gerakan Tubuh Bayi


Tulisan Ndeso Mencari Penulis Tamu
Tulisan Ndeso, Tanda-Tanda Yang Dapat Membantu Anda Memahami Bayi Anda Lebih Baik - Ketika seorang bayi benar-benar muda, orang tua mereka cenderung memiliki banyak ketakutan tentang kesejahteraan dan kesehatan si kecil mereka.

Mereka mencoba menebak dengan tepat apa yang diinginkan bayi mereka dan apa yang mungkin menyebabkan mereka tidak nyaman.

Tetapi bagaimana Anda memahami bayi tanpa menggunakan kata-kata? Para ahli menguraikan 3 metode utama yang dapat membantu bayi berkomunikasi dengan orang dewasa.

Sementara setiap orangtua belajar memahami dan menafsirkan tanda-tanda individual bayi mereka sendiri, kami di Bright Side menjadi tertarik pada beberapa aturan umum yang digunakan untuk membedakan kebutuhan mereka.

Memahami Arti Serta Tanda Tangisan dan Gestur Gerakan Tubuh Bayi

Memahami Bayi Dari Cara Mereka Menangis

Source : Brightside

Menangis adalah cara utama bayi mengekspresikan kebutuhannya selama 4 bulan pertama kehidupannya. Tetapi bagaimana orang tua dapat mengerti apakah bayi itu menangis karena kelaparan, rasa sakit, atau sesuatu yang lain?

Teriakan panggilan. Bayi itu telah sendirian untuk waktu yang lama dan sekarang mereka ingin orang tua mereka menjemput mereka. Mereka terus menerus menangis selama 5-6 detik dan kemudian berhenti selama 20 detik seolah-olah mereka sedang menunggu hasilnya. Jika orang tua tidak merespons, maka siklus ini berulang beberapa kali sampai tangisan berlanjut.
Tangisan Karena Kelaparan. Ini bisa dimulai dengan tangisan panggilan tetapi jika bayi tidak diangkat dan diberi makan, tangisan akan berlanjut dan menjadi histeris. Bayi itu mungkin juga terus memutar kepala mereka, membuat suara-suara memukul dengan mulut mereka.
Tangisan Karena Kesakitan. Tangisan ini akan monoton, keras, dan konstan. Secara berkala, akan ada semburan histeris yang menunjukkan bahwa rasa sakit meningkat. Namun, jika bayi sakit, tangisan mereka juga bisa monoton, tetapi tenang, karena mereka tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk membuat suara keras.
Teriakan Karena Proses Fisiologis. Bahkan gas, buang air kecil, atau buang air besar pada awalnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anak. Jenis tangisan ini menyerupai rengekan dan mencicit.
Tangisan Karena Kantuk. Ketika bayi ingin tidur tetapi tidak bisa tidur karena suatu alasan, tangisan mereka akan terdengar seperti rengekan yang tersinggung dan halus, diikuti oleh menguap. Bayi itu juga akan menggosok mata dan telinga mereka.
Tangisan Karena Ketidaknyamanan. Tangisan ini jengkel dan terputus-putus, dan sering disertai dengan gelisah. Bayi itu juga bisa mengayun dan melengkung. Ini berarti sudah saatnya untuk memeriksa popok mereka atau mereka mungkin merasa terlalu dingin atau terlalu panas di pakaian mereka.

Selain itu, bayi yang sangat mungil mungkin menangis ketika mereka ingin mengubah lingkungan mereka atau ketika mereka frustrasi atau bosan.

Memahami Bayi Dari Suara Yang Mereka Buat

Source : Brightside

Dokter anak Australia Priscilla Dunstan telah mempelajari dan meneliti suara anak usia dini (hingga 3-4 bulan) selama lebih dari 20 tahun.

Ribuan bayi dari berbagai negara telah mengambil bagian dalam eksperimennya. Priscilla berpendapat bahwa suara refleks primer bersifat internasional. Setelah berusia 4 bulan, bayi mulai bersuara mencari komunikasi yang lebih berhubungan dengan kebutuhan fisik.

Priscilla membuka sekolahnya sendiri mengajar orang tua baru untuk memahami bayi mereka. Diperkirakan bahwa kemampuan mengenali suara-suara ini pada waktunya dapat mencegah episode menangis yang akan datang.

’Kamus’ dari bunyi utama meliputi:

'Neh ’-“ Aku lapar! ” Suara ini dihasilkan ketika bayi mendorong lidah mereka ke atap mulut mereka dan dipicu oleh refleks mengisap.
'Eh' - “Saya akan bersendawa!” Suara ini terbentuk ketika udara berlebih mulai meninggalkan kerongkongan bayi dan bayi mencoba melepaskannya secara refleks dari mulut mereka.
'Owh' - “Saya mengantuk atau lelah!” Bayi itu menghasilkan 'suara kelelahan' dengan melipat bibir mereka sebelum menguap.
'Heh' - “Saya merasa tidak nyaman!” Sensasi sentuhan yang tidak menyenangkan membuat bayi bergerak, dan menyentak tangan dan kaki mereka. Semua gerakan ini berkontribusi untuk menghasilkan suara 'Heh', terutama ketika mulut bayi sedikit terbuka.
'Eairh' - “Saya memiliki gas dan rasa sakit di perut saya!” Suara-suara yang mereka buat terdistorsi dan berubah menjadi erangan ketika seorang bayi meregangkan perut dan napas mereka saat mencoba untuk menghilangkan rasa sakit.

Memahami Bayi Dari Gerakan Yang Mereka Lakukan

Source : Brightside

Selain berupa suara, terkadang bayi juga melakukan beberapa gerakan yang tanpa kita sadari memiliki arti. Simak penjelasannya dibawah ini.

Melengkungkan Punggung Mereka. Bayi di bawah 2 bulan sering melakukan gerakan ini ketika merespons rasa sakit dan sakit perut. Jika bayi melengkungkan punggungnya setelah makan, itu berarti mereka kenyang. Jika Anda sering melihat bayi Anda melakukan gerakan ini selama makan, itu bisa menjadi tanda refluks. Jika bayi lebih tua dari 2 bulan, gerakan ini biasanya menunjukkan kelelahan dan suasana hati yang buruk.
Memutar Kepala Mereka. Ini adalah gerakan menenangkan bagi bayi. Mereka mungkin melakukannya sebelum tertidur atau ketika mereka berada di sekitar orang yang tidak dikenal.
Meraih Telinga Mereka. Dalam kebanyakan kasus, gerakan ini menunjukkan bahwa bayi hanya menjelajahi tubuh mereka. Anda harus berkonsultasi dengan dokter hanya jika gerakan ini diikuti dengan menangis dan sering mengulangi.
Mengepalkan Tangan Mereka. Ini pertanda rasa lapar. Jika Anda berhasil mengetahuinya tepat waktu, Anda dapat mencegah tangisan yang disebabkan oleh lapar.
Mengangkat Kaki Mereka. Ini adalah tanda sakit perut dan perut. Bayi itu berusaha meredakan nyeri secara refleksif.
Menyentak Lengan Mereka. Gerakan ini berarti bahwa bayi itu ketakutan. Suara keras, cahaya terang, atau kebangkitan tiba-tiba dapat memicu refleks mengejutkan. Dalam hal ini, bayi perlu dihibur.

Dokter anak merekomendasikan untuk berbicara dengan bayi Anda sesering mungkin, menjelaskan dan menunjukkan semuanya pada mereka di lingkungan mereka, bahkan jika tampaknya mereka belum mengerti apa-apa.

Ini akan membantu mereka untuk mulai berkomunikasi dengan orang yang dicintai dengan cepat menggunakan suara dan gerakan individual, dan juga membantu mereka berkembang lebih baik.

Kami berharap Anda beruntung dan berharap Anda memiliki waktu yang mudah untuk saling memahami!

Cari Artikel Lainnya Di Sini


Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui paypal atau dengan membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tulisanndeso.com - Terima kasih :)