Skip to main content

Belajar SEO : Cara Membuat Konten Blog Agar Lebih SEO Friendly

Cara Membuat Konten Blog Anda Agar Lebih SEO

Tulisan Ndeso, Cara Membuat Konten Blog SEO Friendly - Penulisan artikel yang baik pada sebuah blog sebaiknya dilakukan dengan cara Riset Keyword. Tujuannya, agar tulisan kita bisa dibaca oleh SERP Google dan mampu bersaing di Search Engine Google.

Para blogger yang menulis artikel untuk menghsilkan pundi-pundi pasti sudah melakukan hal tersebut, namun blogger yang menulis hanya sekedar untuk hobi juga perlu melakukannya. Alasannya seperti diatas, agar tulisan kita bisa dibaca oleh banyak orang, untuk itulah para blogger harus belajar cara mengoptimalkan SEO.

Meskipun SEO itu cakupannya sangat luas dan belum ada patokan dari google sendiri mengenai SEO, namun terdapat poin-poin penting yang perlu anda perhatikan dalam penulisan sebuah konten blog anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat konten blog anda lebih SEO.

Cara Membuat Konten Blog Lebih SEO

1. Buatlah Konten Original Dan Berkualitas

Berbicara mengenai SEO, akan sangat berkaitan dengan namanya kualitas dan konten yang original. Karena banyak pakar atau orang yang sudah lama terjun di dunia blogging mengatakan bahwa Content Is King atau Konten Adalah Rajanya.

Ide dari tulisan anda bisa saja dari orang lain, namun isi yang anda tulis tidak bisa sama persis dengan orang lain. Ide bisa saja sama dengan orang lain, pasti akan ada banyak sekali orang yang memiliki ide yang sama, namun setiap orang memiliki gaya penulisan dan bahasa sendiri-sendiri, itulah yang akan membedakannya.

Jika isi blog anda semuanya atau sebagian besar adalah copy paste dari sumber lain, maka kemungkinan blog anda mendapatkan pinalty dari Google juga sangat tinggi.

Konten yang berkualitas itu seperti apa? Selain gaya bahasa yang mudah dipahami, konten anda juga harus memiliki manfaat positif dan memberikan informasi bagi pembacanya. Sebagian besar orang mencari informasi di internet, maka dari itu banyak sekali konten mengenai tutorial hingga informasi, dan anda bisa mencobanya.

Berikan juga visualisi yang relevan agar memiliki pengalaman pembaca yang baik seperti memberikan poin-poin terhadap informasi yang anda sampaikan, menampilkan gambar, video, dan mungkin saja grafik atau tabel yang menarik. Karena SEO bukan hanya milik Goolge, tapi juga milik pembaca.

Jangan lupa untuk menambahkan tag Alt (Alternatif) pada gambar yang anda masukkan dengan keyword yang sesuai. Tujuannya adalah untuk optimasi gambar pada blog agar muncul di search engine. Perlu anda ketahui, google tidak bisa membaca sebuah gambar, untuk itu kita perlu menambahkan tag Alt tersebut.

Cara Membuat Tag Alt Gambar
Tag Alt Gambar
Bagi anda pengguna Blogspot, alt image ini bisa anda tambahkan saat menulis artikel pada mode Compose, klik Gambar, lalu pilih Properties, maka akan muncul Image Properties seperti diatas.

Bagaimana tulisan saya bisa dibaca oleh banyak orang? Informasi seperti apa yang sebaiknya saya tulis agar dibaca oleh banyak orang? Anda perlu melakukan Riset Keyword untuk mengetahui jawabannya lebih lanjut.

2. Membuat Judul Artikel Menarik

Judul pada sebuah artikel memiliki peran yang sangat penting. Jika anda melakukan pencarian di google dengan sebuah kata kunci, poin pertama yang anda lihat sebelum klik artikel yang ada di mesin pencarian adalah Judulnya. Menarik atau sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan tadi atau tidak?

Buatlah judul yang agak panjang, namun tidak terlalu panjang, serta mengandung kata kunci penting dalam artikel anda, tujuannya agar judul tersebut bisa mewakili atau mendeskripsikan topik bahasan dari konten blog anda, sehingga kemungkinan orang akan mengklik judul artikel anda sangat besar.

Contohnya seperti ini,
  1. Cara Membuat Sitemap
  2. Cara Membuat Sitemap SEO Friendly Berdasarkan Kategori Secara Otomatis
Contoh nomor 1 topiknya terlalu luas, karena Sitemap sendiri memiliki beberapa kategori. Dari mulai tampilan keren, tampilan sederhana, berdasarkan label, mau dibuat manual atau otomatis, dan lain sebagainya. Contoh nomor 2 memberikan informasi yang lebih spesifik yakni berdasarkan kategori secara otomatis dan memberikan embel-embel SEO friendly.

Judul artikel mana yang akan anda pilih ketika menemukan dua contoh tersebut di mesin pencarian google?

Selain judul, tambahkan juga meta deskription pada artikel anda. Setelah melihat judul, google juga akan merayapi meta description yang ada di artikel sebelum merayapi keseluruhan isi artikel.

Coba anda perhatikan ketika mengetikkan kata kunci di mesin pencarian, hasil dari pencarian tersebut akan menampilkan Judul Artikel, Nama Blog, dan Deskripsi singkat mengenai artikel. Nah, deskripsi singkat ini yang dinamakan Meta Description.

Meta Description Blog
Search Description
Apabila kita mengerti mengenai hal ini, meta descriprion bisa anda isi dengan inti konten atau kata kunci artikel anda.

Jangan lebih dari 160 karakter ya, karena biasanya google hanya membaca 160 karakter.

Letak meta description ini berada disebelah kanan ketika anda menulis artikel di blogspot, baik pada mode Compose maupun HTML, namanya Search Description.

3. Gunakan Keywords Dan Tags Sewajarnya

Mentang-mentang ngincer keywords tertentu, akhirnya sebagian besar isi artikelnya mengandung keywords yang akhirnya membuat tidak enak dibaca.
Perlu diingat, bahwa seo bukan hanya tentanga google, tapi juga bagi pembaca. Kalau bahasanya ga enak dibaca, jelas pembaca akan kabur.

Menulislah secara mengalir dan anda perlu membaca ulang artikel anda jika sudah selesai, namun jangan di waktu yang bersamaan ketika membuat artikel. Dengan begitu, anda akan bisa mendapatkan tulisan yang enak untuk dibaca.

Tags juga memiliki fungsi seperti keywords, bagi pengguna wordpress akan terbantu dengan adanya ini. Memasukkan terlalu banyak keywords dan tags hanya akan membuat artikel anda terlihat SPAM oleh google.

4. Membuat Link Antar Artikel Terkait

Mengisi konten dengan sebuah link menuju halaman terkait secara internal maupun eksternal merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan SEO sebuah halaman konten. Fungsi dari link terkait ini untuk memberikan referensi kepada pembaca mengenai tulisan atau konten mana yang saling berkaitan, sehingga pembaca bisa berlama-lama di blog anda.

Meskipun anda bisa membuat link antar artikel secara otomatis, biasanya dengan nama Baca Juga, namun anda tetap harus membuatnya secara manual agar terasa lebih natural.

5. Teruslah Menulis Dan Mencari Referensi

Enak atau tidaknya sebuah tulisan dibaca, SEO atau tidak sebuah artikel, akan tercermin dari seberapa konsisten anda menulis.

Selain menulis, carilah referensi dari blog atau website yang ada di halaman pertama pencarian google. Anda akan tahu seperti apa tulisan yang enak dibaca dan SEO, karena biasanya artikel yang ada di halaman pertama pencarian memiliki salah satu faktor tersebut.

Bagi saya, tips membuat konten blog lebih SEO seperti yang tertulis di atas adalah cara sederhana namun cukup ampuh untuk meningkatkan SEO on page pada sebuah konten blog.

Setiap orang memiliki cara dan pengalaman berbeda dalam selain yang saya sebutkan diatas, anda pun bebas memilih mana yang paling sesuai. Semoga bermanfaat.
Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar