--> Skip to main content

8 Trik Mudah Menata Rumah Mungil Anda Agar Tampak Lebih Luas

Tulisan Ndeso, Cara Menata Ruangan Sempit Agar Tampak Luas - Banyak orang mengeluhkan rumah kecil yang mereka miliki. Hal tersebut terjadi karena mereka bingung untuk menata rumah karena keterbatasan area yang dimiliki serta tidak sebanding dengan jumlah barang dan perabotan yang ada.

Pada dasarnya rumah kecil akan terasa lebih nyaman dan indah bila anda mencoba untuk menerapkan prinsip tidak mengumbar ruangan untuk barang-barang yang berlebihan. Mengumbar ruangan untuk barang-barang yang berlebihan akan membuat anda bingung untuk menatanya.

Selain itu, hal tersebut dapat membuat anda kurang nyaman dan terlihat kurang nyaman dipandang yang berdampak pada suasana rumah yang sempit dan sesak.

tips menata ruangan sempit agar terlihat luas

Banyak sekali cara yang dapat diterapkan untuk menata rumah kecil anda. Tak perlu berkecil hati meski minimalis, dengan cara berikut rumah kecil akan tampak lebih lega dan juga lebih nyaman ditinggali meski memiliki lahan dan ruangan yang terbatas.

Cara Menata Ruangan Sempit Agar Terlihat Lebih Luas

Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat anda jadikan panduan agar supaya ruangan atau rumah kecil anda terlihat lebih indah dan terasa lebih nyaman:

1. Pemilihan Furnitur

Isilah rumah anda dengan penempatan perkakas furnitur yang berukuran kecil dan pastikan sebelum membeli, Anda sudah mengukur terlebih dahulu luas ruangannya.

Hal ini sangatlah penting mengingat luas ruangan yang terbatas sehingga apabila furnitur yang dibeli tidak menyesuaikan dengan tempatnya maka ruangan akan semakin sempit. Gunakanlah furnitur modular.

Ini akan berguna ketika anggota keluarga Anda bertambah atau ketika anda ingin memperluas ruangan. Hal tersebut karena funitur modular dapat dibongkar dan dikurangi volumenya.

2. Dekorasi Ruangan

Tentukan dekorasi bertema yang sederhana seperti minimalis atau modern. Pakailah kombinasi 2 berbanding 1 maksudnya 2 warna monokromatis, 1 warna aksen. Jangan memilih terlalu banyak motif. Karena terlalu banyak motif akan membuat rumah terasa lebih ramai.

Pakailah material penutup lantai dengan warna yang terang serta motif yang sederhana. Gunakan pula cermin di sekat pembatas ruangan gunanya untuk memanipulasi pandangan mata agar seolah rumah tampak luas dan juga lapang karena adanya cermin yang diletakkan dibagian tertentu di ruangan. 

3. Akses Udara dan Cahaya

Usahakan untuk memaksimalkan bidang transparan seperti jendela berukuran besar setinggi pintu. Hal tersebut dapat membuat ruangan lebih banyak cahaya, udara, dan tampak lapang.

Dengan banyaknya cahaya yang masuk selain sebagai sirkulasi udara tentu juga menambah kesan luas pada rumah yang memiliki area terbatas.

4. Penataan Barang

Periksa barang-barang Anda agar ruangan tidak ramai, penuh dan sesak. Buang jauh dan kurangilah keinginan belanja anda serta maksimalkanlah tempat penyimpanan yang kerap diabaikan seperti ruang bawah tangga, kolong tempat tidur, bagian atas lemari, atau kolong kursi.

Dengan penataan barang dan kepemilikan barang yang tepat maka rumah kecil pun akan terasa lega apabila barang-barang yang anda miliki dapat ditata dengan rapi.

5. Ruang Penyimpanan

Manfaatkanlah bidang dinding sebagai alternatif penyimpanan. Buat rak atau tempat penyimpanan sepanjang dinding untuk menyimpan buku, mainan anak, dan koleksi lainnya.

Pastikan penataan dan penyimpanan barang-barang yang sering dipakai dalam tempat yang paling mudah dijangkau untuk mempermudah segala sesuatunya.

6. Pasang Cermin

Pasanglah cermin besar di salah satu sisi atau sudut rumah anda. Secara visual, cermin dapat memberikan tampilan yang lebih luas pada ruangan menjadi 2 kali lipatnya. Agar lebih efektif, ukuran cermin harus berukuran cukup besar.

Harga cermin pun cukup bervariasi, tergantung dari seberapa besar ukuran dan bagaimana bentuknya. Anda bisa menggunakan cermin gantung berukuran sekitar 1 m x 0,4 m. Di toko online, harganya bervariasi sekitar Rp 200 ribuan.

7. Pemilihan Wallpaper

Jangan mengunakan wallpaper bermotif ramai atau motif bunga dengan ukuran yang besar. Motif ramai berukuran besar akan membuat ruangan terlihat penuh sesak.

Jika anda tetap ingin menggunakannya, letakkan hanya pada satu sisi ruangan saja serta padukan dengan warna yang terang.

8. Jendela Ruangan

Ruangan yang tidak memiliki jendela akan terkesan sumpek dan monoton, oleh sebab itu agar pandangan penghuni ruangan tidak terbatas, ada baiknya memberi jendela yang banyak dan lebar.

Dengan adanya jendela, anda juga bisa melihat ke sisi luar ruangan seperti pemandangan dari halaman, sehingga ruangan terasa lebih lapang. Selain itu, Model Jendela Minimalis juga dapat mempercantik tampilan rumah anda.

8 Trik mudah menata rumah kecil diatas dapat anda aplikasikan untuk menata ulang hunian anda agar tampak lebih nyaman untuk ditinggali. Relakan beberapa barang yang harus anda ganti atau dijual untuk ditukar dengan perabot yang cocok dengan kriteria rumah kecil anda.

Jika dirasa penataan sudah baik, anda cukup merawat kebersihan rumah serta memperindah tanpa harus membeli barang lagi yang dapat membuat rumah kembali sesak dengan barang-barang perabot yang baru.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar