--> Skip to main content

Bagaimana Mengaplikasikan Konsep Rumah Minimalis agar Hasilnya Istimewa?

Tulisan Ndeso, Cara Mengaplikasikan Konsep Rumah Minimalis - Membuat sebuah konsep arsitektur rumah minimalis adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Jika Anda ingin membuat sebuah rumah yang cantik di setiap sudutnya, maka Anda harus mampu memberikan beberapa tambahan yang menawan di rumah tersebut, bisa berupa furniture yang disesuaikan dengan luas area dan penataan ruangan yang tepat, dan lain sebagainya.

Dalam konsep desain minimalis pada arsitektur dan interior rumah, ruang, objek serta pencahayaan memegang peranan yang sangat penting. Minimalis bukan berarti semuanya bersifat simpel, sederhana, atau minimal, konsep desain minimalis ini justru memiliki ciri khas yang kuat dan sangat berkesan.

Pada artikel yang lain, telah dibahas tentang karakteristik ciri desain rumah minimalis, baik dari segi eksterior maupun interiornya.

Inspirasi desain minimalis bukan datang dari unsur yang kaku, membosankan atau terkesan kosong. Konsep interior desain ini juga bukan berarti ‘murah,’ sebaliknya wujud konsep desain yang sukses punya gaya luks, mewah, indah dan elegan.

Cara Mengaplikasikan Konsep Rumah Minimalis

Dalam bentuknya yang simpel dan fungsional namun memukau, di sanalah letak prinsip desain minimalis sejati.

Mengaplikasikan Konsep Arsitektur Rumah Minimalis

Tentu saja untuk mencapai sebuah rumah minimalis yang indah, Anda juga tidak boleh sampai salah dalam mengaplikasikan desain yang tepat pula. Apa saja cara yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat sebuah konsep arsitektur rumah minimalis?

1. Desain Ruangan

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam membuat konsep arsitektur rumah minimalis adalah dengan menentukan terlebih dahulu ruang mana yang ingin Anda dekorasi. Ruangan yang paling tepat untuk diaplikasikan dengan konsep minimalis biasanya adalah dapur dan ruang tamu. 

Dapur biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan property yang lainnya, tentu saja hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan dekorasi. Pemberian warna putih pada ruang dapur juga akan bisa membuat Anda lebih mudah dalam membuat dapur lebih luas.

Konsep memberikan warna yang gelap kepada dapur akan membuat rumah yang Anda miliki menjadi lebih sempit, maka dari itu pilihlah warna yang tepat dengan menggunakan warna yang cerah di bagian rumah Anda tersebut.

Bila tak ingin merubah warna cat pada dapur, Anda bisa menggunakan wallpaper tekstur bata warna cerah atau warna putih dibagian dinding dapur. Bila keramik dapur anda berwarna gelap. Anda juga bisa menutupinya dengan stiker bermotif marmer yang banyak dijual di marketplace online.

2. Penataan Furniture

Selanjutnya, penataan furniture yang ada di rumah tersebut juga harus tepat pula. Untuk melakukan penataan furniture, jangan sampai Anda melakukan kesalahan. Karena jika salah Anda dalam melakukan penataan tersebut, Anda akan melihat ruangan yang Anda dekorasi tersebut menjadi tidak teratur dan pastinya akan terkesan jelek. 

Bahkan ruangan yang diberi banyak furniture juga akan terlihat penuh dan membuat Anda sulit untuk melakukan aktivitas yang ada didalamnya. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada Anda. Banyak orang yang mengaplikasikan desain furniture yang salah sehingga pada akhirnya mereka sendirilah yang akan merugi.

Anda bisa menyewa jasa custom furniture bila dirasa lebih efektif untuk mendesain furnitur sesuai dengan keinginan dan juga sesuai dengan area ruangan sehingga tampak lebih rapi dibandingkan dengan membeli furnitur yang sudah jadi. 

Misalnya area bawah tangga, Anda bisa memanfaatkan space kosong ini dibuat custom lemari yang bisa Anda fungsikan untuk mengisi perabot agar lebih tertata rapi.

3. Sirkulasi Udara

Konsep pengaplikasian desain rumah minimalis juga tidak boleh melupakan unsur penting dari sebuah rumah yang sehat. Buatlah ventilasi yang cukup di bagian dalam rumah Anda agar nantinya udara yang segar bisa masuk dan Anda tidak kesulitan dalam mendapatkan kondisi ruangan yang sehat.

Ruangan yang tidak memiliki cukup banyak ventilasi tentunya akan menjadikan ruangan tersebut tidak sehat dan juga sesak. Inilah alasan mengapa banyak orang tidak suka memiliki rumah yang tanpa ventilasi.

Bukan hanya ventilasi, sirkulasi udara juga bisa didapatkan dari jendela. Jangan salah, pemilihan desain jendela minimalis juga perlu anda perhatikan agar tetap sesuai dengan konsep awalnya.

Sekarang Anda telah mengetahui bahwa konsep pengaplikasian desain minimalis ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Maka dari itu jangan sampai salah dalam menggunakan konsep yang tepat.

Saatnya bagi Anda untuk mulai mendekorasi rumah Anda. Pilihlah desain yang tepat pula agar Anda tidak sampai salah dalam menggunakannya.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar