--> Skip to main content

5 Langkah Mudah Membuat Outro YouTube

 

Tulisan Ndeso, Cara Membuat Outro YouTube - YouTube outro - disebut juga sebagai klip akhir atau klip penutup - adalah klip terakhir video Anda setelah bagian konten utama selesai.

Salah satu tujuan utama outro pada YouTube adalah berfungsi sebagai ajakan kepada pemirsa untuk meminta mereka menonton video serupa dari saluran Anda atau mendorong mereka untuk menyukai, berbagi, dan berlangganan channel YouTube Anda. Cara ini akan membantu Anda dalam menciptakan momen yang Anda butuhkan untuk mengembangkan channel Anda.

Melalui outro YouTube, Anda dapat meminta pemirsa tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah menonton video Anda. Anda harus membuat outro dengan cara yang meyakinkan agar target audience anda terus terlibat dengan konten Anda. Selain itu, dengan membuat outro yang bagus di akhir video YouTube bisa membuat pemirsa Anda mengeklik tujuan berikutnya yang relevan dan strategis sesuai keinginan Anda.

Ada empat jenis konten yang bisa Anda masukkan ke dalam outro YouTube Anda. Masing-masing disebut sebagai elemen, simak penjelasannya berikut :

1. Channel - tautan ke Saluran Youtube lain.
2. Subscribe - tautan ke saluran YouTube pribadi seseorang untuk diklik dan berlangganan.
3. Website - tautan ke situs web yang tidak berbahaya, tidak menyinggung, dan disetujui oleh YouTube.
4. Video atau Playlist - tautan ke video pribadi yang berbeda atau daftar putar YouTube yang menggabungkan beberapa video.

Cara Membuat Outro Youtube

 

Cara Membuat Outro YouTube yang Menarik

Berbanding terbalik dengan kepercayaan yang populer, Anda tidak memerlukan software animasi yang mahal atau keterampilan profesional untuk mendesain sebuah outro YouTube. Ada banyak aplikasi yang tersedia yang akan membantu Anda dengan mudah untuk membuat outro YouTube yang menarik bagi penonton dengan web pembuat outro (outro maker) terbaik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara membuat outro YouTube yang menarik dalam lima langkah sederhana di perangkat lunak apa pun.

 

Langkah 1 - Pilih Latar Belakang Anda

Dasar outro Anda adalah latar belakang. Oleh karena itu, Anda harus memastikan untuk memilih latar belakang yang sesuai dengan sisa video Anda. Detail penting lainnya saat memilih latar belakang Anda adalah ukurannya.

Sebagian besar perangkat lunak atau aplikasi memiliki ukuran latar belakang default 1920 × 1080. Jika pengaturan default ini sesuai dengan dimensi klip video Anda, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika Anda ingin menambahkan outro berukuran berbeda, Anda harus mengubah ukuran keseluruhan proyek video Anda.

Tahap selanjutnya adalah memilih warna untuk latar belakang Anda. Tentukan warna yang melengkapi skema warna video Anda. Anda juga dapat memilih latar belakang statis atau gerak sesuai keinginan Anda. Ada opsi menarik lainnya yang tersedia di berbagai perangkat lunak secara gratis dan juga melalui langganan berbayar.

 

Langkah 2 - Anotasi dan Placeholder

Sekarang Anda memiliki latar belakang untuk konten video Anda, langkah selanjutnya adalah menambahkan placeholder dan anotasi. Dengan demikian dapat memungkinkan Anda untuk secara akurat menyusun penempatan akhir. Ini menghemat waktu dan tenaga berlebih di YouTube dan mempertahankan semua outro Anda secara konsisten.

Harap dicatat- ketika kursor pemirsa melayang di atas elemen berlangganan, kotak persegi panjang akan muncul. Kotak ini cukup besar, dan mungkin akan mengganggu Anda jika beberapa informasi penting ditutup-tutupi untuk sementara waktu. 

 

Langkah 3 - Simpan Template

Menjaga outro yang sama di seluruh saluran Anda menambahkan faktor konsistensi untuk video Anda. Ini memberikan saluran dan video Anda hasil akhir yang bersih dan canggih. Pemirsa pasti akan terkesan dengan faktor seragam ini karena terlihat menyenangkan.

Anda juga dapat mengganti outro Anda setelah setiap periode tertentu untuk menjaga semuanya tetap segar dan sederhana. Namun, untuk salah satu opsi di atas, Anda perlu menyimpan template yang baru saja Anda buat. Editing di semua perangkat lunak memiliki opsi 'simpan template', yang digunakan untuk menyimpan template yang Anda rancang. 

Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menyimpan desain artistik unik Anda untuk digunakan kembali di semua video YouTube mendatang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan template outro ini ke dalam klip video Anda dari folder unduhan MP4 yang disimpan.

 

Langkah 4 - Penambahan Elemen Layar

Outro YouTube telah selesai dan siap digunakan. Jadi, sekarang saatnya untuk menambahkan draf akhir yang diedit dari video YouTube Anda untuk memeriksa apakah semuanya cocok. Putar video sekali untuk melihat apakah dimensi, skema warna, dan kualitas cocok dengan outro. Setelah Anda yakin tentang video Anda, Anda dapat mulai menambahkan elemen layar di tempat penampungnya.

Seperti dibahas di atas, elemen layar adalah tautan ke berbagai jenis konten yang ingin Anda tambahkan ke video Anda, misalnya, tautan langganan pribadi, tautan situs web, tautan daftar putar YouTube, dll. Tonton video lagi untuk memeriksa apakah pemutarannya lancar dan elemen layar berfungsi.

 

Langkah 5 - Unggah Video Anda dan Evaluasi Hasil

Langkah terakhir adalah mengunggah video ke saluran YouTube Anda. YouTube seperti platform media sosial lainnya memiliki algoritma yang terus berkembang untuk fungsi aplikasi yang lebih baik. Anda perlu melacak algoritma ini untuk membantu Anda meningkatkan jangkauan di YouTube.

Pastikan untuk membuat penyesuaian pada strategi media sosial Anda sesuai dengan versi algoritma terbaru untuk membuat konten yang relevan. Selain itu, Anda juga harus secara teratur memantau pertumbuhan video Anda dan mengevaluasi analitik saluran Anda untuk mengidentifikasi pola. Berdasarkan data yang dikumpulkan dan trend atau pola yang diidentifikasi, Anda dapat menambahkan atau mengurangi perubahan pada strategi Anda untuk meningkatkan jumlah penayangan pada video Anda.

 

To Sum It Up

YouTube outro adalah faktor penting yang menarik dari video Anda. Ini memberi Anda waktu ekstra yang Anda butuhkan untuk meyakinkan pemirsa untuk berlangganan atau mendukung konten Anda. Oleh karena itu, jika Anda belum mulai membuat outro YouTube- tidak ada waktu yang lebih baik daripada sekarang untuk memulai. Outro bisa selama 20 detik untuk video minimal 25 detik.
 

Ikuti langkah yang dibahas di atas untuk memandu Anda melalui proses menyenangkan ini untuk membuat outro YouTube yang menarik dan meningkatkan jumlah pemirsa Anda. Selamat mencoba

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar