--> Skip to main content

Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Smartphone Android

Tulisan Ndeso, Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Android - Ponsel telah mengubah cara kita menghasilkan foto dan video. Hal yang sama berlaku untuk audio. Anda tidak perlu peralatan audio yang mahal untuk membuat rekaman yang bagus. Aplikasi perekam suara bisa menjadi pilihan untuk mempermudah tugas ini.

Mengapa? karena Anda cukup mengetuk tombol rekam dan membuat catatan audio dalam hitungan detik. Namun, dengan begitu banyak aplikasi perekam suara android di luar sana, menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda bisa jadi lebih rumit daripada yang terlihat.

Jadi, melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan beberapa Aplikasi perekam suara terbaik untuk perangkat Android yang sedang Anda gunakan. Semua aplikasi perekam suara berikut tersedia di Playstore.

Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Android
 

Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Smartphone Android

1. Awesome Voice Recorder X

Awesome Voice Recorder X, sesuai dengan namanya, merupakan salah satu aplikasi perekam suara terbaik karena fungsinya yang sempurna untuk para pebisnis, mahasiswa, jurnalis, tutor, hingga sound engineering.

Fungsi utamanya adalah untuk merekam suara dan menghasilkan format WAV, MP3, M4A. AVR menjanjikan suara berkualitas tinggi dan waktu perekaman tak terbatas. Anda dapat menggunakan alat perekam ini dengan melakukan aktivitas lain di ponsel Anda.

Aplikasi AVR memungkinkan penambahan deskripsi ke rekaman suara, memulai ulang rekaman setelah jeda karena panggilan masuk, menambahkan catatan ke rekaman saat merekam dan mengontrol kecepatan pemutaran semua file audio yang Anda dengarkan di AVR Voice Recorder.

Anda juga dapat menghubungkan mikrofon headset ke aplikasi melalui Bluetooth. Setelah merekam, Anda dapat mengunggah file yang dihasilkan ke Dropbox, Google Drive, dan platform hosting file lainnya.

2. Dolby On

Dolby On memungkinkan Anda merekam lagu, instrumen, podcast, memo suara, lirik, ketukan, dan banyak lagi. Aplikasi ini termasuk aplikasi perekam suara dan musik, kenapa? Karena Dolby On cocok untuk kamu yang menyukai kegiatan produksi musik.

Namun, jangan khawatir, Anda yang bukan musisi juga bisa menggunakannya sebagai voice memo. Ada beberapa filter termasuk pengurangan noise, de-essing, editor vokal, dan bahkan efek fade in dan out. Jika Anda ingin menggunakan mikrofon eksternal, maka aplikasi ini cocok untuk Anda. Dolby On sendiri memberikan layanan gratis tanpa iklan.

3. Smart Recorder

Smart Recorder merekam dan mengompresi hasil audio ke dalam ukuran yang lebih kecil, menghemat ruang penyimpanan data yang berharga di perangkat Anda.

Pilihan seperti Live Audio Spectrum Analyzer, kalibrasi penguatan mikrofon atau kontrol sensitivitas otomatis dan manual dalam mode skip silence adalah alasan mengapa Smart Recorder adalah salah satu aplikasi perekaman suara terbaik.

Mengenai panggilan telepon, jangan khawatir, Smart Recorder akan secara otomatis menjeda proses perekaman saat ada panggilan masuk. Anda juga dapat mengontrol proses perekaman untuk menyimpan, menjeda, melanjutkan, dan membatalkan.

4. Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder tidak membatasi durasi rekaman yang Anda buat dan memungkinkan Anda untuk mengompres audio yang telah direkam. Format audio yang dihasilkan adalah PCM, AAC, dan AMR (dengan kualitas rendah untuk menghemat memori).

Terlepas dari fitur ini, Anda dapat menghubungkan mikrofon eksternal ke aplikasi jika Anda ingin meningkatkan kualitas suara yang direkam. Anda dapat menyimpan rekaman Anda di Dropbox atau Google Drive atau mengirim rekaman melalui email.

Untuk antarmuka aplikasinya sendiri sangat sederhana sehingga sangat mudah digunakan. Aplikasi perekam suara android ini sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin merekam materi kuliah atau percakapan panjang.

5. Hi-Q

Hi-Q adalah aplikasi perekam suara android yang memungkinkan pembuatan file audio yang kompatibel. Anda dapat mengunggahnya ke Dropbox setelah perekaman selesai.

Ada dukungan widget (mulai, jeda, dan lanjutkan perekaman) di telepon rumah, pilih mikrofon yang ingin Anda gunakan, dukungan untuk transfer Wi-Fi, bitrate dapat diubah hingga 320 kbps, dan Gain untuk memperkuat suara yang dapat didengar meskipun ada kebisingan.

Format rekamannya ada WAV, MP3, OGG, M4A, dan FLAC. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan premium.

Itulah 5 rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Android. Manakah yang menjadi pilihan anda?

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar