--> Skip to main content

6 Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

 

Cara Membersihkan Kulkas (Source : electrolux.co.id)

Tulisan Ndeso, Cara Membersihkan Kulkas - Menjaga kebersihan kulkas sangatlah penting, agar makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya selalu dalam keadaan bersih dan higienis. Selain itu, kulkas yang terjaga kebersihannya lebih awet dan tahan lama digunakan.

Oleh karena itu, sebaiknya kulkas dibersihkan secara rutin. Anda bisa mengatur jadwal pembersihan selama 1 kali dalam sepekan. Jika tidak memungkinkan, minimal dilakukan 1 kali dalam tiga bulan.

Agar kulkas betul-betul bersih, sebaiknya Anda membersihkan kulkas secara menyeluruh. Lantas bagaimanakah cara membersihkan kulkas secara menyeluruh? Yuk simak ulasannya.

Detail Ulasan 6 Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

1. Kosongkan Kulkas

Sebelum mulai membersihkan kulkas, tentu saja isi kulkas harus dikeluarkan semua. Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk mematikan kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, keluarkan semua isi kulkas baik yang tersimpan di dalam freezer maupun yang tersimpan di rak-rak kulkas.

Untuk sisa-sisa makanan atau makanan lama, sebaiknya langsung dikonsumsi jika masih layak. Jika tidak, sebaiknya dibuang saja. Demikian pula untuk bumbu-bumbu yang sudah terpakai sebagian, sebaiknya dibuang saja.

2. Lepaskan Rak Bagian Dalam dan Gosok Bagian Dalam Kulkas

Agar kulkas bisa dibersihkan secara menyeluruh, lepaskan dulu semua rak kulkas bagian dalam. Setelah itu, bersihkan bagian dalam dengan menggunakan sabun. Sebaiknya gunakan kain yang lembut untuk mencegah kulkas tergores.

Jangan lupa untuk membersihkan rak-rak kulkas dengan sabun. Jika memungkinkan, cucilah rak-rak tersebut di bawah shower. Setelah dikeringkan dengan kain lembut, barulah diletakkan kembali di tempatnya setelah proses pembersihan kulkas selesai dilakukan semua.

Jika kulkas berbau, sebaiknya tambahkan jeruk atau lemon ke air sabun yang digunakan untuk membersihkan kulkas. Jangan gunakan pembersih antibakteri, karena baunya sangat kuat dan bisa menyebabkan makanan berbau tidak sedap.

3. Bersihkan Rak Pintu Kulkas

Rak pintu kulkas biasanya sangat kotor karena digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu dan minuman. Karena rak ini rentan kotor, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Agar bisa dibersihkan secara maksimal, angkat bagian rak pintu kulkas yang bisa dilepas. Setelah itu bersihkan dengan air sabun.

4. Bersihkan Saluran Drainase Kulkas

Mungkin hal ini tidak pernah terpikirkan pada Anda, padahal sangat penting dilakukan. Sebab jika tersumbat, bisa menyebabkan kelebihan air menumpuk di saluran pembuangan dan dinding kulkas.

Perlu diketahui bahwa drainase atau saluran kondensasi atau drainase merupakan lubang pembuangan kecil yang terletak di bagian belakang kulkas, tepatnya di bagian bawah dinding belakang. Drainase ini perlu dibersihkan secara teratur. Anda bisa menggunakan cotton bud atau sedotan minuman untuk membersihkan lubangnya.

Cara melakukannya sangat mudah, Anda cukup memasukkan cotton bud atau sedotan minuman tersebut melalui saluran, lalu gerakkan dan tarik keluar untuk mengeluarkan kotorannya.

5. Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Selain membersihkan bagian dalam kulkas, membersihkan bagian luarnya juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkannya agar pembersihan kulkas betul-betul menyeluruh. Gunakan kain bersih dan air sabun untuk mengelap bagian luar kulkas.

Bersihkan bagian depan, samping kiri dan kanan, dan bagian atas kulkas. Bila perlu gunakan penyedot debu untuk mengangkat debu-debu yang melekat di bagian luar maupun di bagian segel pintu kulkas.

6. Bersihkan Gulungan Kondensor Kulkas

Banyak orang sering mengabaikan kebersihan bagian belakang kulkas, khususnya gulungan atau koil kondensor. Jangan membersihkannya menggunakan cairan pembersih apapun. Sebaiknya bersihkan menggunakan vacuum cleaner. Tapi ingat, gulungan atau koil kondensor hanya bisa dibersihkan setelah kulkas mati dan dingin.

Demikianlah cara membersihkan kulkas secara menyeluruh yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Jika sebelumnya Anda bingung untuk membersihkan kulkas, cukup ikuti saja cara-cara yang disebutkan di atas.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar