--> Skip to main content

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Tulisan Ndeso, Cara Mengatasi Laptop Lemot - Mengetahui cara mengatasi laptop lemot merupakan hal yang penting. Sebab, terkadang laptop yang digunakan tiba-tiba lemot padahal Anda sedang mengerjakan project penting. Jika tidak bisa langsung diatasi, tentu Anda akan sulit menyelesaikan project tersebut.

Bisa saja sih Anda membawa laptop tersebut ke tukang service. Tapi bagaimanapun, hal tersebut membutuhkan waktu, sedangkan project Anda tidak bisa lama menunggu. Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi kondisi tersebut merupakan hal yang penting.

Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Apakah Anda dibuat pusing dengan laptop yang sering lemot? Jangan biarkan diri Anda tertekan, segera atasi laptop lemot dengan melakukan salah satu dari 7 cara yang akan disebutkan di bawah ini.

1. Instal Software yang Dibutuhkan Saja

Terlalu banyak menginstal software atau aplikasi di laptop Anda bisa menghambat kinerja laptop. Akibatnya, laptop menjadi lemot dan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, solusi mengatasi masalah ini adalah memastikan laptop Anda hanya diinstal dengan software yang dibutuhkan dan sepadan dengan spesifikasi prosesor dan RAM laptop.

2. Lakukan Defragmentasi Hard Disk

Terkadang laptop yang lemot disebabkan hard disk sudah penuh. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan defragmentasi hard disk. Sebab dengan melakukan hal tersebut, ruang penyimpanan di harddisk Anda bisa dimaksimalkan dan kinerja laptop jadi lebih ringan. Lebih bagus lagi jika Anda bisa melakukan defragmentasi hard disk setiap 1-2 minggu sekali.

3. Bersihkan Temporary Files

Penyebab laptop lemot lainnya adalah temporary files, yaitu data-data dari berbagai program yang sudah pernah dibuka. Di satu sisi, keberadaan temporary files akan membantu Anda membuka kembali berbagai program sebelumnya dengan cepat.

Sayangnya, hal itu juga akan memenuhi ruang penyimpanan di hard disk dan menyebabkan kinerja laptop semakin berat. Oleh karena itu, temporary files tersebut mesti dibersihkan. Saat ini banyak software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkannya.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus

Terkadang laptop yang lemot disebabkan serangan virus pada sistem operasi yang digunakan oleh laptop. Untuk mengatasinya, virus tersebut harus dihapus dan dihilangkan. Salah satu caranya adalah dengan menginstal antivirus dan mengupdatenya secara rutin.

5. Uninstall Software yang Tidak Perlu

Banyaknya software atau aplikasi gratis yang mudah untuk didownload saat ini menjadikan sebagian pengguna laptop langsung menginstal dan menggunakannya tanpa pikir panjang. Padahal, terkadang software atau aplikasi tersebut tidak begitu dibutuhkan. Jikapun dibutuhkan, mungkin hanya sekali-kali saja.

Oleh karena itu, sebaiknya software yang seperti ini diuninstal saja, karena hanya memberatkan kinerja laptop dan menjadikannya lemot.

6. Batasi Jumlah Aplikasi Berjalan Saat Laptop Startup

Terkadang tanpa disadari pengguna, banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop startup. Keberadaan aplikasi tersebut working in background sehingga memakan kapasitas RAM. Tidak heran jika performa laptop menurun dan menjadi lemot. Oleh karena itu, cara mengatasi laptop lemot untuk kondisi ini adalah dengan membatasi dan meminimalkan aplikasi yang berjalan saat laptop startup.

7. Tingkatkan RAM

Kapasitas RAM yang terbatas juga menjadi penyebab laptop lemot. Sebab, terkadang kapasitas RAM yang dimiliki laptop Anda tidak sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Oleh karena itu, solusi yang bisa dilakukan hanya dengan menambah kapasitas RAM tersebut.

Itulah 7 cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Cara-cara yang disebutkan di atas tidak sulit untuk dilakukan. Jika Anda kesulitan melakukannya sendiri, barulah Anda bisa membawanya ke tukang service terdekat.

Cari Artikel Lainnya Di Sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar